BandungKlik – Fakta-fakta tentang Stadion Lusail berikut memang menarik untuk disimak, terutama bagi para pencinta sepak bola. Beberapa fakta di antaranya telah menjadi rekor tersendiri bagi stadion yang berada di Qatar tersebut.

Stadion Lusail adalah salah satu dari sembilan stadion yang digunakan untuk menggelar Piala Asia 2023. Namun, penyelenggara hanya menggelar dua laga di stadion ini. Pertama, venue upacara pembukaan dan laga perdana antara tuan rumah Qatar versus Lebanon. Kedua, venue upacara penutupan dan laga final Piala Asia 2023. Lokasi stadion terletak sekitar 20 kilometer di sebelah utara Doha, ibu kota Qatar.

Milik Asosiasi Sepak Bola Qatar

Pemilik stadion yang dikenal secara tidak resmi sebagai Stadion Lusail Iconic adalah federasi atau Asosiasi Sepak Bola Qatar, seperti halnya Stadion Internasional Khalifa. Kedua stadion tersebut kebanyakan digunakan oleh tim nasional sepak bola Qatar.

Dibangun untuk Piala Dunia 2022

Stadion Lusail dibangun dalam rangka persiapan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Mulai pembangunan konstruksi pada 11 April 2017, stadion ini selesai 2021 dan dibuka tepatnya 21 November 2021. Pada turnamen, stadion ini menjadi saksi bisu kemenangan Tim Nasional Argentina atas Perancis di laga final sekaligus mengangkat trofi.

Kapasitas tribun penonton terbesar

Selain memiliki kapasitas tribun penonton terbesar di Qatar, Stadion Lusail juga tercatat sebagai stadion terbesar di Timur Tengah menurut kapasitas penonton dengan 88.966 kursi. Sejauh ini, stadion megah tersebut sudah mencatatkan rekor sebanyak tiga kali full-seat kehadiran jumlah penonton.

Rekor kehadiran penonton

Memiliki total kapasitas penonton 88.966 kursi, Stadion Lusail mencatatkan rekor kehadiran penonton tertinggi, yaitu 100 persen. Rekor tersebut (88.966 penonton) semuanya tercatat saat turnamen Piala Dunia 2022. Menariknya, rekor kehadiran penonton terbanyak tersebut melibatkan tiga laga Tim Nasional Argentina.

Pertama, pada 26 November 2022, Argentina versus Meksiko (penyisihan Grup C). Kedua, pada 13 Desember 2022, Argentina versus Kroasia (semifinal). Ketiga, pada 18 Desember 2022, Argentina versus Perancis (final).*

Silakan baca:

Mengenal JIS, Stadion Megah Dunia yang Ada di Jakarta