Fakta-Fakta Menarik Gunung Api Semeru di Jawa Timur

Gunung Semeru Jawa Timur
Gunung Semeru (Pixabay)

 

BandungKlik – Gunung Semeru atau Gunung Meru merupakan salah satu gunung berapi kerucut yang terletak di Pulau Jawa. Secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Termasuk juga dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung yang baru-baru ini meletus pada Sabtu, (4/12/21) sekitar pukul 15.00 WIB itu, memiliki sejumlah fakta-fakta yang menarik untuk diketahui. Berikut fakta menarik seputar Gunung Semeru, antara lain:

1. Tertinggi di Pulau Jawa

Semeru memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) dan menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Silakan baca: 7 Puncak Tertinggi di Dunia & Waktu Pendakiannya

Dengan puncaknya Mahameru, gunung ini terbentuk akibat subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

2. Mulai Meletus 1818

Mengutip dari data laman vsi.esdm.go.id, sejarah letusan Gunung Semeru tercatat dimulai pada 8 November 1818. Pada rentang 1829-1878 juga terjadi beberapa kali letusan hingga tahun 1913 tetapi tidak banyak informasi yang terdokumentasikan.