Fakta-Fakta Menara Eiffel, dari Apartemen Rahasia hingga Bunker

menara eiffel
Menara Eiffel. (travelandleisure/ stanley chen xi/ getty images).*

 

Menara Eiffel merupakan salah satu tengara paling terkenal di dunia yang dirancang sebagai pusat dari Pameran Dunia 1889 di Paris, Prancis.

 

BandungKlik – Menara tersebut juga dibangun untuk memperingati seratus tahun Revolusi Prancis. Maksud lainnya adalah memamerkan kehebatan mekanik modern Prancis di panggung dunia.

Seturut toureiffel.paris, menara ini bukan satu-satunya rancangan Gustave Eiffel. Namun, misi pembangunan selesai dalam dua tahun, dua bulan, dan lima hari.

Sejak dibuka pada 1889, menara telah menyambut lebih dari 300 juta wisatawan dan masih menyambut sekira 7 juta wisatawan setiap tahun. Terlepas dari banyaknya orang yang telah menaiki menara tersebut, rupanya masih ada rahasia untuk diceritakan.

Ada apartemen rahasia di atas

Ketika Gustave Eiffel merancang menara, ia dengan cerdik memasukkan sebuah apartemen pribadi untuk dirinya tempat menjamu tamu-tamu terkenal, seperti Thomas Edison. Apartemen ini sekarang terbuka untuk tur umum.

Gustave Eiffel tidak mendesain menara?

Seturut Live Science, sementara Eiffel beroleh hak penamaan untuk menara, sebenarnya dua pria bekerja untuk perusahaannya. Kedua insinyur tersebut adalah Maurice Koechlin dan Emile Nouguier yang menggambar desain aslinya.

Menara Eiffel seharusnya diruntuhkan setelah 20 tahun

Seperti disebutkan di atas, menara ini dibangun untuk memamerkan kehebatan industri Prancis selama Pameran Dunia. Namun, Eiffel dengan cerdik memasang antena radio dan pemancar telegraf nirkabel di menara. Akhirnya, pemerintah memutuskan itu terlalu berguna untuk dihancurkan.

Hitler memerintahkan Menara Eiffel untuk dihancurkan

Ketika Jerman menduduki Prancis selama Perang Dunia Kedua, Hitler memerintahkan agar menara tersebut diruntuhkan, tetapi perintah tak pernah dituruti. Para pejuang perlawanan Prancis membalas dendam dengan memotong kabel lift menara. Dengan begitu, Nazi terpaksa menaiki tangga untuk mengibarkan bendera mereka.

Sepupu dari Patung Liberty

Sebelum Menara Eiffel dibangun, perusahaan Eiffel diminta untuk merancang bingkai internal untuk Patung Liberty.

Silakan baca: Fakta dan Rahasia Patung Liberty, Hadiah hingga Angka 7

Ada kantor pos 

Terselip di lantai pertama menara di sebelah toko suvenir, ada kantor pos kecil. Surat dan prangko yang dikirimkan dari kantor pos tersebut akan distempel pos yang unik.

Berfungsi sebagai laboratorium ilmiah

Mr. Eiffel memiliki laboratorium meteorologi di lantai tiga menara tempat dia melakukan studi fisika, aerodinamika, dan membangun terowongan angin.

(toureiffel.paris).*

Klik halaman berikutnya >>> Menara Eiffel Bergerak