BandungKlik – Sirkuit Internasional Lusail di Qatar menjadi saksi Enea Bastianini memenangkan seri pembuka MotoGP 2022. Pembalap tim Gresini Racing tersebut berada di depan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) dan Pol Espargaro (Repsol Honda Team).

Emosional

Bastianini yang melesat bersama Ducati mencatatkan total waktu 42’13.1980 sehingga naik podium tertinggi untuk pertama kalinya di bawah lampu terang Lusail. Gresini Racing yang turut disponsori Wonderful Indonesia dan beberapa jenama produk Indonesia mengklaim ini sebagai kemenangan emosional pembalap asal Italia tersebut.

Sang pemilik tim, Fausto Gresini, meninggal dunia karena Covid-19 pada Februari 2021. Inilah kemenangan pertama tanpa disaksikan dan dinikmati Fausto.

Sepeninggal Fausto, tim sempat kehilangan arah karena tak ada sosok yang memimpin tim. Akan tetapi, keluarga Gresini memutuskan untuk melanjutkan keikutsertaannya di MotoGP. Istri Fausto Gresini, Nadia Padovani, akhirnya mengambil posisi sebagai principal.

Silakan baca:

Wonderful Indonesia “Mejeng” di Motor MotoGP 2022

Dikutip dari Sky Sports, berikut adalah fakta-fakta menarik Enea Bastianini dan Gresini Racing.

  • Enea Bastianini meraih kemenangan pertama di kelas MotoGP dan meraih 25 poin perdana di seri pembuka MotoGP Qatar 2022.
  • Gresini Racing kembali meraih kemenangan di kelas MotoGP setelah 22 tahun. Terakhir, tim balap asal Negeri Piza ini merebut kemenangan pada GP Portugal 2006 lewat pembalap Toni Elias.
  • Bastianini menjadi pembalap ke-78 berbeda yang mampu meraih kemenangan di kelas primer Grand Prix (500cc/MotoGP).
  • Bastianini tercatat sebagai pembalap ke-25 Italia yang berhasil meraih kemenangan di kelas primer Grand Prix. Kemenangan terakhir pembalap kelahiran Rimini 30 Desember 1997 adalah saat turun di ajang Moto2 Emilia Romagna pada 2020.
  • Keberhasilan Bastianini menjadi pembalap tercepat di MotoGP Qatar 2022 sekaligus menjadi kemenangan ke-59 Ducati di kelas primer Grand Prix. Sampai saat ini, Ducati total meraih 185 podium di kelas MotoGP.
  • Di Sirkuit Lusail, untuk pertama kali tiga pembalap Italia meraih kemenangan. Mereka adalah Andrea Migno di kelas Moto3, Celestino Vietti di kelas Moto2, dan Enea Bastianini di kelas MotoGP.
  • Sampai saat ini, Bastianini sudah meraih total tujuh kemenangan Grand Prix, 35 podium dari 140 start balapan.
  • Kini, Nadia Padovani adalah satu-satunya tim principal wanita di MotoGP.

GP Indonesia

Balap MotoGP selanjutnya akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) pada 18 – 20 Maret 2022. Ini juga bakal menjadi sejarah baru bagi Indonesia yang kembali memperoleh kepercayaan untuk menggelar balap motor paling bergengsi seantero jagat. *

Silakan baca:

Inilah 21 Trek Sirkuit Balap Motor MotoGP Musim 2022