EV Smart Mobility Beroperasi di Kawasan Nusa Dua Bali

ev smart mobility
Electronic Vehichles Smart Mobility di Nusa Dua Bali. (dok. kemenparekraf.go.id).*

 

BandungKlik – Electronic Vehichles (EV) Smart Mobility Project diluncurkan dan mulai beroperasi di kawasan Nusa Dua Bali, Rabu (31/3/2021). Peluncuran dilakukan di Pulau Peninsula Kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Menparekraf Sandiaga Uno mendukung penggunaan mobil tersebut karena punya keselarasan dengan pengembangan ekowisata yang mengedepankan kelestarian lingkungan.

“Kemenparekraf sangat mendukung beroperasinya EV Smart Mobility di Nusa Dua ini. Karena selain ramah lingkungan juga membuat wisatawan nantinya dapat berkendara di kawasan ekowisata dengan lebih mudah,” tutur Sandiaga, dikutip dari laman kemenparekraf.go.id.

Sandiaga mengatakan, ke depan masyarakat dan wisatawan akan semakin terbiasa dengan teknologi kendaraan elektrifikasi yang memanfaatkan full battery electric vehicle (BEV).

Diharapkan, proyek EV Smart Mobility kerja sama PT TAM dengan ITDC tersebut dapat mendorong konsep pariwisata berbasis alam dan budaya.

Silakan baca: Matur Nuwun Prameks, Sugeng Rawuh KRL Jogja – Solo

Adapun mobil yang diluncurkan total 30 unit terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV.

Untuk jenis Toyota COMS dan C+pod dapat digunakan oleh masyarakat dan wisatawan di dalam kawasan The Nusa Dua dan sekitarnya. Sementara untuk Toyota Prius digunakan sebagai layanan airport transfer dari dan ke kawasan Bandara Ngurah Rai dan mobilitas di wilayah Bali.

Bagi wisatawan yang berminat mencoba mobil-mobil tersebut dapat mendatangi Charging Station di depan pusat parkir The Nusa Dua. Stasiun juga ada di area pintu masuk Pulau Peninsula The Nusa Dua. Selain itu, EV Smart Mobility dapat diakses secara digital melalui aplikasi mTOYOTA dan TRAC To Go.

Untuk kemudahan bagi wisatawan Toyota telah melengkapi Toyota C+pod dan Prius dengan fitur digital key. Adanya fitur tersebut wisatawan dapat mengakses secara digital mulai dari pemesanan, pembayaran hingga membuka dan mengunci pintu dari smartphone. *