BandungKlik – Ban pecah bisa terjadi kapan saja saat berkendara. Tentu saja, kita tidak menghendaki hal ini terjadi dan sebisa mungkin wajib dihindari.

Untuk mengantisipasi tak ada salahnya mengetahui faktor penyebab ban pecah pada mobil yang sering terjadi. Kira-kira apa saja ya?

1. Kurang tekanan angin

Ban dengan tekanan angin kurang menjadi tidak sebanding dengan bobot kendaraaan sehingga akan menambah tekanan ke bawah. Dikutip dari auto2000.co.id, ukuran tekanan angin ban mobil yang nyaman standar pabrikan berbeda-beda. Ukuran yang direkomendasikan adalah MPV (33-36) Psi; city car (30-36) psi; sedan (30-33) psi; dan SUV (35-40) psi.

2. Kelebihan muatan

Membawa muatan berlebihan akan membuat ban mobil harus bekerja ekstra. Pendek kata, ia akan meletus ketika sudah tidak kuat menahan beban. Untuk itu, silakan cek bobot maksimal mobil dalam buku manual.

3. Menggilas jalan berlubang

Mobil yang melintas sekaligus menggilas lubang dengan kecepatan tinggi bisa menyebabkan putusnya kawat baja ban. Istilah umumnya sering disebut ban benjol. Kondisi seperti ini bisa berpotensi pecah sewaktu-waktu.

4. Tambalan ban tidak sesuai

Teknik menambal ban model tusuk justru memperbesar lubang bocor. Teknik ini tidak menutup dengan sempurna, bahkan menyebabkan serat baja pada konstruksi ban terputus.

5. Kerikil pada kembang ban

Kerikil pada tapak atau kembang ban yang tidak segera dibersihkan berpotensi melukai dan merusak permukaan ban. Selain itu, menempelnya kerikil di sela tapak terlihat tidak indah.

6. Ukuran pelek tidak sesuai

Terkadang kita lebih memilih dan mengedepankan model ketimbang fungsi, bukan? Ini juga sering terjadi saat memilih ban. Penggunaan ban yang tidak sesuai dengan ukuran ban bisa menyebabkan dinding ban terbebani dalam menahan beban. Akibat yang bisa ditimbulkan tentu saja ban bisa pecah di waktu yang tak terduga.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab ban mobil pecah yang wajib kita hindari. Agar aman, nyaman, dan selamat di perjalanan, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi ban mobil sebelum berkendara. *

Silakan baca: 

Tujuh Tips Aman Berkendara Saat Hujan

Lima Tipe Pengemudi yang Berbahaya, Jangan Ditiru!