Enam Objek Wisata di Kota Bandung Ditutup Mulai Hari Ini

objek wisata bandung
Seorang anak memperhatikan gajah di Kebun Binatang Bandung, sebelum pandemi Covid-19. Mulai 23 Mei hingga 1 Juni 2021 Kebun Binatang Bandung dan lima objek wisata lainnya di Kota Bandung ditutup sementara. (Iwan Gunaesa/ Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Sebanyak enam objek wisata di Kota Bandung ditutup sementara mulai hari ini Ahad, 23 Mei hingga 1 Juni 2021. Penutupan dilakukan lantaran meningkatnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Pengelola objek wisata telah menerima Surat Pemberitahuan Nomor PB.01.01/967-Sekre.DisparPB yang dikeluarkan pada 21 Mei 2021. Surat ditandatangi oleh Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Tingkat Kota Bandung Ema Sumarna.

“Penutupan berdasarkan instruksi dari Presiden RI Joko Widodo sebagai upaya tindakan pengendalian Covid-19 khususnya yang bisa menimbulkan kerumunan massa,” ujar Ema yang juga Sekretaris Daerah Kota Bandung, dikutip dari laman jabarprov.go.id, Ahad (23/5/2021).

Adapun keenam objek wisata yang ditutup adalah Bandung Zoological Garden (Kebon Binatang Bandung di Jalan Tamansari dan Karang Setra Water Land di Jalan Sirnagalih. Lalu, Saung Angklung Udjo di Jalan Padasuka dan Taman Ade Irma Suryani Nasution (Taman Lalu Lintas) di Jalan Belitung.

Dua objek wisata lainnya adalah Trans Studio Bandung di Jalan Gatot Subroto dan Kiara Artha Park di Jalan Ibrahim Adjie Kota Bandung.

Selama libur Lebaran 2021, keenam objek wisata tersebut sempat buka dengan pembatasan pengunjung dan menerapkan protokol kesehatan.

Akan tetapi, ada temuan 36 kasus positif Covid-19 hasil random sampling rapid antigen pada masa libur Lebaran 2021 lalu. Sebanyak 7 orang di antaranya di Kebun Binatang Bandung dan 23 orang di Taman Lalu Lintas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan total ada 890 tes telah dilakukan. “Kita harus waspada. Random itu menggambarkan situasi di masyarakat. Dengan begitu kita harus sangat disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” tutur Ahyani.

Sementara itu, Marketing Communications Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafei mengaku sudah menerima surat tersebut dan siap mematuhi peraturan.

“Kami mengikuti peraturan yang dikeluarkan pemerintah. Kami memberitahukan bahwa besok (hari ini) Bazoga tutup,” ujar Sulhan. *

Silakan baca: Kebun Binatang Bandung Tampilkan Singa Tanpa Kandang

Silakan baca: Pemkot Bandung Gelar Rapid Test Antigen Secara Acak