Enam Kota Tertua di Indonesia, Ada yang Lebih dari 13 Abad

kota tertua di indonesia
Ikon Kota Banda Aceh. (pn-bandaaceh.go.id).

 

Bandungklik – Enam kota berikut boleh dibilang tertua di Indonesia. Penetapan hari jadinya seturut pada prasasti dan awal pembangunan kota masa lampau. Beberapa kota, bahkan sudah berusia lebih dari 1300 tahun alias 13 abad.

Apa saja?

6. Surabaya

Ibu kota Provinsi Jawa Timur ini sekarang berusia 728 tahun. Hari jadi Kota Surabaya ditetapkan pada 31 Mei 1293. Tanggal tersebut bertepatan dengan kemenangan pasukan Majapahit yang dipimpin Raden Wijaya atas pasukan Mongol utusan Kubilai Khan.

Alun-Alun Surabaya. (humas.surabaya.go.id).*

5. Banda Aceh

Kamis, 22 April 2021, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, genap berusia 816 tahun. Dikutip dari bandaacehkota.go.id, kota ini dibangun oleh Sultan Johan Syah pada Jumat 1 Ramadan 601 Hijriah bertepatan dengan 22 April 1205.

Mulanya kota ini bernama Kutaraja sekaligus kota Islam tertua di Nusantara, bahkan Asia Tenggara. Banda Aceh yang dikenal sebagai Serambi Mekah punya peran yang penting dalam penyebaran Islam ke seluruh pelosok Nusantara.

(dlhk2.bandaacehkota.go.id).*

4. Magelang

Seturut laman magelangkota.go.id, hari jadi Kota Magelang, Jawa Tengah, ditetapkan 11 April 907. Kota ini mengawali sejarahnya sebagai desa perdikan Mantyasih yang kini dikenal Kampung Meteseh di Kelurahan Magelang. Prasasti Poh, Prasasti Mantyasih, dan Prasasti Gilikan yang ditulis di atas lempengan tembaga menjadi sumber penetapan tersebut.

Prasasti Poh dan Prasasti Mantyasih ditulis pada zaman Mataram Hindu saat pemerintahan Raja Rake Watukura Dyah Balitung (898 – 910). Dalam prasasti disebutkan Desa Mantyasih dan Glanggang yang berubah menjadi Magelang.

Klik halaman berikutnya >>> Kota Kediri