BandungKlik – Guppy adalah ikan hias yang banyak dipelihara di rumah. Banyak orang yang memelihara ikan tropis ini karena berbagai alasan yang mendorongnya.

Bagi para pemula, memelihara ikan hias anggun ini bisa jadi salah satu opsi menarik untuk menambah suasana rumah menjadi lebih “hidup”.

1. Bentuk dan tampilannya cantik

Dikutip dari AZ Animals, ikan bernama ilmiah Poecilia reticulate umumnya berwarna merah, biru, kuning, hitam, putih, hijau, dan kuning tergantung spesiesnya. Spektrum warna ikan ini sangat bervariasi, mulai dari terang hingga albino.

Ikan guppy jantan punya ukuran tubuh yang lebih kecil dan warna lebih mencolok ketimbang betina. Akan tetapi, ikan betina punya ekor yang lebih berwarna-warni.

2. Ukurannya kecil

Panjang tubuh ikan guppy jantan antara 2,5 – 3 cm, sedangkan betina antara 4 – 6 cm. Oleh karena tubuhnya yang kecil maka ikan ini tidak memerlukan akuarium yang terlalu besar. Untuk satu ekor, kita cukup menyediakan air sekitar 3,5 liter.

3. Mudah didapat

Di Indonesia ikan ini sangat populer dan banyak dibudidayakan. Dengan begitu, ikan yang cenderung berkelompok ini mudah didapat karena hampir setiap toko ikan hias menjualnya.

4. Harga terjangkau

Ikan kecil ini memang harganya relatif terjangkau. Jika mencari di situs e-commerce, kita bisa menemukan harga guppy ada yang tak lebih dari Rp10.000. Di bursa ikan hias, bahkan ada penjual yang menjualnya Rp10.000/ tiga ekor.

5. Perawatan mudah

Guppy sangat mudah dirawat dan dipelihara. Kita hanya cukup memastikan akuarium ikan ini dibersihkan secara rutin dan memberikannya pakan dengan nutrisi yang cukup. Meski begitu, ikan warna-warni ini cukup rentan terkena jamur jika kondisi akuarium tidak baik atau layak.

6. Memanjakan mata

Bentuk dan postur ikan guppy dengan penuh warna memang demikian memanjakan mata. Dengan begitu, hal ini sekaligus sebagai tempat refreshing yang murah dan tidak membosankan sekalipun berada di rumah. Terlebih, ikan ini bisa disatukan dengan ikan lain sejenis sehingga suasana akuarium semakin bernuansa. *

Silakan baca: 

Ikan Koi, Lambang Cinta dan Persahabatan

Mengenal Aquascape yang Manjakan Mata dan Bikin Rileks