BandungKlik – Empat merek produk kriya atau kerajinan tangan asal Jawa Barat menjadi suvenir resmi Konferensi Tingkat Tinggi G20. Agenda internasional ini akan diselenggarakan di Bali pada 15–16 November 2022.

Adapun keempat kriya tersebut adalah radio kayu dari Faber Instrument, custom packaging dari Imagenation, aksesori kulit dari Wonnow Handcrafted, dan jam tangan kayu dari Pala Nusantara.

Sebelumnya, radio kayu dan jam tangan kayu sudah dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo saat membuka pameran Inacraft 2022, Februari lalu. Saat itu, Jawa Barat menjadi ikon pameran kerajinan terbesar se-Asia Tenggara.

Terpilihnya keempat produk ini tentu saja salah satunya karena kualitasnya yang sudah teruji. Menurut Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya, produk yang terpilih sebagai suvenir resmi KTT G20 merupakan karya terbaik yang sudah dikurasi. Selain produknya premium, keempat kriya tersebut punya cita rasa global.

“Sebelum kami menyelenggarakan pameran Inacraft 2022, kami sudah kurasi sedemikian rupa produk-produk apa saja yang akan ditampilkan dalam pameran tersebut. Salah satu syarat utamanya, yaitu produk-produknya sudah rutin diekspor ke berbagai negara baik Eropa, Amerika, maupun Asia,” tutur Atalia, Selasa (18/10/2022), dikutip dari laman jabarprov.go.id.

Atalia mengatakan, pencapaian keempat produk tersebut menjadi bukti bahwa kriya Jawa Barat berkualitas tinggi yang ditunjang SDM kreatif dan inovatif.

Menurut Atalia, KTT G20 harus dimanfaatkan sebaik mungkin sebagai ajang promosi produk kerajinan Indonesia. Kata dia, kualitas produk Indonesia tidak kalah dengan produk dari negara lain.

“Semoga keunikan setiap produknya bisa meninggalkan kesan mendalam bagi para delegasi G20,” ujar Atalia. Harapannya, momentum ini bisa memacu para pengrajin lainnya untuk terus berkarya dan meningkatkan daya saing serta kualitas produknya.

Selain sebagai tuan rumah KTT G20, Indonesia juga menjadi tuan rumah tiga rangkaian kegiatan sebelumnya, yaitu Co-Chairs Urban 20, Co-Chairs Youth 20 dan Co-Chairs Think 20.*

Silakan baca:

Kain Tenun Gringsing Bali Jadi Tanda Mata KTT G20

Keris Sumenep Jadi Cendera Mata Side Event G20