Empat Lokasi Utama dalam Rangkaian Pelaksanaan Haji

haji
Umat Muslim melakukan tawaf di dekat Kakbah Masjid Al Haram Mekah Arab Saudi. (daily-sun).*

 

Sebagai rukun Islam kelima haji wajib dilaksanakan setiap Muslim yang mampu dan memenuhi syarat, setidaknya sekali seumur hidupnya.

 

BandungKlik – Pada pelaksanaannya rangkaian ibadah ini tidak di satu tempat, melainkan banyak tempat. Sejak bersuci, mengenakan kain ihram (tak berjahit), berniat hingga tuntas berhaji, jamaah akan melaksanakan rukun dan wajib haji serta sunah.

Umat Islam akan menuntaskan seluruh rangkaian haji dalam beberapa hari. Oleh karena itu, ada juga yang mengatakan bahwa haji adalah ibadah yang memerlukan fisik dan stamina yang prima.

Berikut empat lokasi utama dalam rangkaian pelaksanaan haji dan umrah.

Mekah

Di Tanah Suci Mekah terdapat Masjid Al Haram yang di pusatnya berdiri Kakbah, yakni kiblat salat umat Islam sedunia. Beberapa rangkaian haji dilakukan di kawasan ini seperti tawaf, yakni mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh putaran sembari membaca doa. Di Kakbah ada Hajar Aswad, Maqam Ibrahim, dan Hijr Ismail.

Sa’i yakni berjalan dan berlari-lari kecil pulang pergi tujuh kali dari Safa ke Marwah juga dilakukan di Masjid Al Haram. Selain itu, tahalul atau mencukur/menggunting rambut kepala.

Sa’i. (ilinktours).*

Silakan baca: Masjid Al Haram, Sekelumit Sejarah dan Ibadah Haji

Padang Arafah

Wukuf di Arafah. (vocfm.co.za).*

Padang Arafah berada di sebelah timur Kota Mekah. Ini adalah daerah terbuka dan sangat luas. Mulai tanggal 8 Dzulhijjah para jamaah mulai bertolak ke tempat ini, kemudian wukuf pada 9 Dzulhijjah. Secara umum, wukuf yang berarti hadir/diam/berhenti di Arafah dimulai waktu tergelincir sampai terbenam matahari.

Saat wukuf, jamaah dianjurkan untuk memperbanyak berdoa, berzikir, dan beristigfar. Wukuf adalah rukun haji sekaligus puncak dari ibadah ini sehingga harus dilakukan oleh seluruh jamaah. Wukuf inilah yang membedakan haji dan umrah.

Muzdalifah

Muzdalifah. (islamiclandmarks.).*

Muzdalifah adalah daerah terbuka di antara Mekah dan Mina. Daerah ini tempat jamaah singgah/bermalam setelah dari Arafah. Di Muzdalifah jamaah haji mencari, mengumpulkan, dan mengambil kerikil yang akan digunakan untuk melontar jumrah.

Mina

Mina. (islamiclandmarks.).*

Mina merupakan tempat berdirinya jumrah (tugu). Di tempat ini jamaah melontar jumrah sebagai simbolisasi tindakan Nabi Ibrahim ketika mengusir setan. Di sana terdapat tiga jumrah yaitu Aqabah, Ula, dan Wustha. *

Silakan baca: 

Fakta Kota Mekah yang Belum Banyak Diketahui

Kakbah, Rumah Ibadah Pertama yang Dibangun di Bumi