Empat Fakta Jalan Bypass BIL – Sirkuit Mandalika

bypass mandalika
Ruas jalan bypass BIL – Mandalika. (Dok. pupr_binamarga).*

 

BandungKlik – Perhelatan WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara  Barat, berakhir sudah. Selain penyelenggaraan yang sukses, sarana pendukung di luar sirkuit juga tak kalah penting.

Lancar dan suksesnya seluruh rangkaian WSBK 2021 Mandalika antara lain ditunjang oleh ketersediaan sarana dan prasarana jalan menuju lokasi. Bypass Bandara Internasional Lombok – Mandalika yang terkoneksi dengan Sirkuit Mandalika diresmikan menjelang day race WSBK seri penutup tahun ini tersebut.

Sedikitnya ada empat fakta menarik yang perlu diketahui dari bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) ini. Apa saja?

1. Dukung destinasi pariwisata

Bypass ini merupaan akses pendukung utama menuju Kawasan Strategis Priwisata Nasional (KSPN)/ Destinasi Pariwisata Super Prioritas Mandalika sekalipun tak ada agenda balap. Tanpa akses jalan yang baik, kegiatan pariwisata di kawasan ini tidak akan berjalan maksimal.

Silakan baca: 

Mandalika Sajikan Pesona Alam, Budaya dan Pariwisata Olahraga

Tujuh Pantai di Sekitar Sirkuit Mandalika, Indah Memesona

2. Akses menuju sirkuit internasional

Memang, ini adalah akses jalan menuju Sirkuit Mandalika. Namun, ketika tidak ada agenda balap motor di sirkuit ini bypass tetap sangat diperlukan.

3. Waktu tempuh lebih singkat

Dengan adanya bypass ini, waktu tempuh dari Bandara Internasional Lombok ke kawasan Mandalika hanya 15 menit. Jalan sepanjang 17,363 kilometer tersebut tentunya mempermudah wisatawan yang berkunjung ke kawasan pariwisata Mandalika termasuk ke sirkuit.

4. Fenomena “Tebing Menangis”

Ada tebing menangis? Ya, di kilometer 13 wilayah bypass Mandalika, tepatnya di Desa Sukadana, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Di seputar kilometer tersebut terdapat fenomena mata air yang mengalir di sela-sela tebing. Masyarakat setempat mempercayai aliran air ini punya manfaat dan khasiat. Mereka menyebut aliran air tersebut dengan nama “tebing menangis”. *

Silakan baca: 

Unik, Empat Fakta Ini Hanya Ada di Sirkuit Mandalika

5 Kuliner Khas Mandalika Lombok yang Wajib Dicoba

 

Sumber: PUPR Bina Marga