BandungKlik – Ekonomi kreatif (ekraf) Jawa Barat (Jabar) masih disangga sekaligus disumbang tiga subsektor besar, yaitu kriya, kuliner, dan fashion.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kriya atau kerajinan tangan menyumbang 27,1%. Sementara itu, kuliner 26,4% dan fashion 16,7%. Untuk subsektor lainnya total mencapai 29,8%.

Sejauh ini, ekonomi kreatif Jawa Barat berkembang pesat di tiga daerah, yaitu Kota Bandung (17,59%), Kabupaten Bandung (11,18%), dan Kota Depok (9,63%). Sebesar 61,60% atau sisanya merupakan akumulasi persentase perkembangan kabupaten dan kota lainnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki rencana aksi pembangunan ekonomi kreatif dengan tujuh program prioritas yang menjadi katalisator untuk program pembangkitan ekonomi daerah.

Adapun ketujuh program tersebut adalah peningkatan infrastruktur digital, pengembangan platform industri kreatif, dan pengembangan database terkait ekonomi kreatif. Selain itu, peningkatan akses penjualan, aktivasi creative center, peningkatan akses pembayaran, dan aktivasi institusi kreatif.

Saat ini, creative center telah hadir di Subang, Purwakarta, Bekasi, Bogor, Bandung, dan Cirebon.

Untuk satu data ekraf Jabar diwujudkan dengan hadirnya kreasijabar.id yang memuat data terkait industri kreatif. Sampai saat ini, tercatat 719 pelaku ekonomi kreatif yang terdaftar dengan sekira 1.131 produk ekonomi kreatif di Jawa Barat.

Di samping itu, sudah bergulir pula beberapa program pendukung ekonomi kreatif, seperti lokapasar borongdong.id dengan 9.207 produk tersedia, 5.038 total produk terjual, dan 4.320 anggota pembeli.

Tak hanya itu, ada juga Ekraf Film Festival, Gelar Produk Ekonomi Kreatif (Gekraf), dan berbagai talkshow virtual. Gelar wicara virtual antara lain Wakunjar, Kelas Kreasi, dan Kreatiforum.

Demi pengembangan ekonomi kreatif yang lebih efektif Gubernur Jawa Barat telah membentuk Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi (Kreasi) Jawa Barat.

Tugas komite ini memformulasi, menggali, mengoordinasi, dan menyinkronisasi antara kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan praktik pengembangan ekonomi kreatif di lapangan. *

Silakan baca: 

Purwakarta Punya Gedung Creative Center

Platform borongdong.id Marketplace Pelaku Ekraf Jabar