Dusun Semilir Semarang, Sajikan Spot Foto Instagrammable

Dusun Semilir
Bangunan mirip stupa Borobudur menjadi ikon Dusun Semilir.

 

BandungKlik – Dusun Semilir merupakan eco park dan destinasi yang terbilang baru, namun sudah viral di media sosial. Sebab, Dusun Semilir sajikan ragam spot foto instagrammable, hingga banyak diburu wisatawan.

Eco Park Dusun Semilir berlokasi di Jalan Sukarno Hatta No 49 Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Suasana wisata buatan ini sangat asri hingga membuat nyaman para pengunjung.

Selain keasriannya, di sana terdapat bangunan unik yang menjadi daya tarik utama, yakni bangunan berarsitektur menyerupai stupa Candi Borobudur. Bangunan tersebut terdiri dari 2 lantai. Lantai pertama merupakan pusat oleh-oleh, sedangkan lantai kedua dibuat untuk restoran.

Tak hanya itu, di Dusun Semilir wisatawan juga bisa menikmati sejumlah spot menarik untuk dikunjungi, sekaligus menjadi tempat foto yang ciamik untuk diunggah di medsos. Berikut spot-spot menarik tersebut, diantaranya:

Gunungan Resto

Restoran ini berada di lantai 2 bangunan mirip stupa Borobudur. Selain menyantap hidangan lezat, pengunjung pun akan dimanjakan oleh view hutan alam di sekitar Dusun Semilir dan dilengkapi dengan deretan gunung-gunung.

Teras Gunung

Spot ini merupakan sebuah jalan yang menghubungkan Lobby Stupa menuju ke area Taman Wisata. Saat melewati jembatan layang ini, wisatawan akan menemukan beberapa stand makanan, minuman hingga aksesoris. Lokasi ini juga sering dijadikan spot foto oleh para wisatawan.

Silakan baca: 5 Destinasi Wisata Semarang Cocok Buat Relaksasi

Gunungan Foodpark

Area ini menghadirkan banyak restoran dengan menu hidangan khas Indonesia. Selain itu, sistem pembayarannya pun secara nontunai. Di mana pengunjung akan menggunakan kartu Dusun Semilir yang telah di topup minimal Rp.50.000 untuk membayar beragam hidangan.

Pet Village

Lanjut ke area taman wisata, ada taman bermain seluas 20.000 m2 yang berisi hewan-hewan peliharaan lucu dan menggemaskan. Area ini merupakan tempat bermain yang ramah anak-anak.

Banyu Biru

Kolam ini merupakan salah satu spot foto favorit di sana. Hal yang menajdi daya tariknya, di tengah kolam terdapat patung berbentuk manusia setengah badan yang tersusun dari kayu. Agar menghasilkan foto yang ‘kece’, wisatawan bisa mengambil spot di tengah kolam. Caranya tinggal berjalan melalui pijakan berupa lingkaran batu yang disusun berjajar.

Jembatan Senggol

Spot foto berikutnya berupa jembatan yang dikenal dengan sebutan Jembatan Senggol. Tempat ini menjadi spot foto yang keren, baik pada siang hari maupun malam hari.

Itulah beragam spot menarik yang bisa dinikmati di Dusun Semilir. Untuk masuk ke sana, wisatawan dikenakan biaya masuk yang cukup terjangkau, hanya sekitar Rp. 20.000 (weekday) dan Rp. 25.000 (weekend).

Harga tiket masuk tersebut bisa berubah setiap waktu dan belum termasuk retribusi parkir kendaraan. Dusun Semilir buka setiap hari mulai dari jam 09.00 – 20.00 WIB.

Rute Perjalanan

Untuk menuju ke destinasi wisata Dusun Semilir, bisa ditempuh dari tiga rute. Rute pertama dari Semarang arahkan perjalanan menuju ke Bawen dan lokasi Dusun Semilir berada di kanan jalan. Letaknya sebelum pertigaan arah Jogja atau sebelum terminal Bawen.

Silakan baca: Seribu Kesan Mengunjungi Lawang Sewu Semarang

Jika mulai dari exit tol Bawen, tinggal belok kanan lalu ikuti jalan utama hingga melihat bangunan stupa di kiri jalan. Rute berikutnya dari Salatiga, ikuti Jalan Raya Semarang-Solo hingga lewat terminal Bawen atau pertigaan Jogja. Dari situ tak jauh akan melihat stupa besar di kiri jalan.*

 

Sumber & Foto: Dispar Kab. Semarang