BandungKlik – Setiap tahun umat Muslim di seluruh dunia menunaikan puasa Ramadan pada waktu yang berbeda dan jangka waktu atau durasi yang berbeda pula.

Ini sangat tergantung di mana umat Muslim tinggal. Anda mungkin harus berpuasa 17 jam atau hanya 11 jam dalam sehari. Umat Muslim di seluruh dunia mulai menunaikan puasa Ramadan 2022 pada Sabtu, 2 April dan sebagian mulai Ahad, 3 April.

Meski puasa di bulan Ramadan jatuh pada waktu yang sama, tetapi durasi puasa di setiap negara bisa berbeda-beda. Dikutip dari laman The Islamic Information, perbedaan ini dikarenakan oleh perbedaan posisi matahari mengikuti gerak semu tahunannya.

Durasi puasa yang lebih lama akan dialami Muslim yang tinggal di sejumlah negara di belahan utara khatulistiwa. Ini terutama di negara yang yang memiliki musim panas di bulan-bulan tertentu sehingga akan menerima sinar matahari lebih lama dari selatan.

Contohnya di Kota Reykjavik, Islandia. Muslim yang tinggal di kota ini bakal menunaikan puasa selama 16 jam 50 menit. Durasi ini menjadi rekor terlama tahun ini.

Sementara itu, negara-negara di belahan bumi selatan cenderung memiliki durasi yang lebih pendek. Misalnya, Selandia Baru, Argentina, dan Afrika. Rata-rata puasa Ramadan di negara-negara tersebut antara 11 hingga 12 jam.

Fatwa

Bagi umat Muslim yang tinggal di negara yang jarak matahari terbenam dan terbitnya kurang dari tiga jam ada ketentuan khusus. Apa itu? Mereka diperbolehkan mengikuti jadwal puasa di kota lain. Misalnya, mengikuti waktu puasa di Mekah, Arab Saudi dengan durasi puasa sekira 15 jam.

Fatwa yang sama berlaku untuk wilayah, seperti Skandinavia, Rusia, dan Alaska, negara-negara di atas lingkaran Arktik. Di negara-negara tersebut matahari benar-benar tidak terbenam selama berpekan-pekan.

Dikeluarkan oleh Islmic Center of Northern Norway, fatwa memberikan opsi bagi Muslim lokal di Skandinavia yang durasi puasanya bisa lebih dari 20 jam untuk mengikuti jadwal puasa di Mekah.

Negara dengan durasi terlama puasa Ramadan 2022:

  • Reykjavik (Islandia): 16 jam 50 menit
  • Lisbon (Portugal): 16 jam 01 menit
  • Paris (Prancis): 15 jam 16 menit
  • London (Inggris): 15 jam 16 menit
  • Warsawa (Polandia): 15 jam

Negara dengan durasi terpendek puasa Ramadan 2022:

  • Johannesburg (Afrika Selatan): 11 jam 00 menit
  • Buenos Aires (Argentina): 11 jam 15 menit
  • Cape Town (Afrika Selatan): 11 jam 40 menit
  • Christchurch (Selandia Baru): 11 jam 55 menit
  • Ciudad del Este (Paraguay): 12 jam 01 menit

Di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Yaman durasi puasa Ramadan 2022 antara 13 hingga 14 jam. *

 

Silakan baca: Doa Berbuka Puasa Menurut Hadis Sahih

 

 Marhaban Ya Ramadan! Selamat menunaikan ibadah saum Ramadan 1443 Hijriah.

Redaksi  Bandung Klik –