BandungKlik – Berkat penampilan apiknya, dua pemain bola voli Bandung bjb Tandamata, Wilda Siti Nurfadhilah dan Yulis Indahyani meraih penghargaan individual di ajang bergengsi. Yaitu ajang Asian Volleyball Confederation (AVC) 2023 Asian Women’s Volleyball Challenge Cup. Ajang tersebut digelar di GOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur.

Kedua pemain tersebut menjadi andalan Timnas Indonesia di ajang AVC Challenge Cup For Women 2023. Wilda meraih penghargaan “Best Middle Blockers” pemain asal Vietnam, Dinh Thi Tra Giang. Sementara Yulis Indahyani menyabet penghargaan kategori “Best Libero”.

Kontribusi Wilda dan Yulis membuat Timnas Indonesia yang dibesut pelatih Alim Suseno, sukses menembus pertandingan final ajang tersebut. Setelah mereka berhasil menyingkirkan tim-tim kuat seperti Filipina dan Australia di babak penyisihan dan klasifikasi. Kemudian mengandaskan China Taipei di babak semifinal lewat drama lima set.

Dalam pertandingan final Timnas Indonesia yang berhadapan dengan Vietnam harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 2-3 (18-25, 27-25, 25-21, 20-25, 13-15). Bertempat di GOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur, pada Minggu 25 Juni 2023.

Silakan baca: Per Triwulan 1 Tahun 2023, Jumlah Pengguna Aplikasi bjb DIGI Tembus 1,2 Juta akun

Selain Wilda dan Yulis Indahyani, Timnas Indonesia juga meraih penghargaan individual “Best Opposite Spiker” yang diraih Megawati Hangestri Pertiwi.

Di ajang AVC Challange Cup For Women 2023 tersebut, Timnas Bola Voli Putri Indonesia dibesut Alim Suseno. Seorang pelatih muda yang sukses membawa Bandung bjb Tandamata jadi juara Proliga dua musim terakhir, yakni 2022 dan 2023.

Peringkat Dunia Bola Voli Putri Indonesia

Meski gagal menjadi juara AVC Challenge Cup For Women 2023, tetapi keberhasilan Timnas Indonesia menembus final berdampak signifikan terhadap ranking Indonesia. Berdasarkan peringkat Federasi Bola Voli Dunia, FIVB, kini Indonesia menempati peringkat 60 dunia di sektor putri.

Dikutip dari rilis resmi PBVSI, Alim Suseno menyikapi hasil final AVC Challenge Cup For Women 2023 dengan lapang dada.

Silakan baca: Hanya dengan 100 Ribu, Sudah bisa Buka Tabungan bjb SiMuda!

“Anak-anak sudah memberikan yang terbaik. Kuncinya pada set keempat tadi, kita unggul tiga angka (9-6). Tapi setelah itu smes dari bola open tidak berhasil dan lawan bisa menyamakan skor,” ungkapnya.*