Dorong Pariwisata, Surakarta Kembangkan Sektor Olahraga

olahraga surakarta
Stadion Manahan Solo. (dok.surakarta.go.id).*

 

BandungKlik – Dalam upaya mendorong pariwisata, Pemerintah Kota Surakarta akan mengembangkan sektor olahraga dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada pascapandemi Covid-19.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming mengatakan, saat ini banyak venue atau wahana olahraga di Surakarta Provinsi Jawa Tengah. Salah satunya stadion sepakbola yang belum lama ini berhasil digunakan untuk ajang Piala Menpora 2021. Nantinya, pemerintah daerah akan terus menggenjot pelaksanaan event serupa.

“Saya juga ingin nanti ada Piala Wali Kota. Ini dilakukan sebelum pelaksanaan liga satu dan liga dua. Seperti Piala Menpora yang diikuti oleh tim-tim besar. Ya ini sebagai praliga saja,” kata Gibran usai pengukuhan Badan Promosi Pariwisata Kota Surakarta, Rabu (19/5/2021), dikutip dari Antara.

“Wisata olahraga jadi prioritas. Selain itu, juga wellnes tourism (wisata kebugaran),” katanya mengimbuhkan.

Ia berharap dengan berbagai event digelar di Surakarta dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk bermalam di kota tersebut lebih lama. Tak dimungkiri, selama ini rata-rata wisatawan menginap di Surakarta alias Solo masih rendah sehingga menjadi salah satu pekerjaan rumah Badan Promosi Pariwisata Kota Surakarta.

Bahkan, sering kali pelancong hanya singgah untuk menikmati kuliner lalu menuju Yogyakarta. “Selama ini kan hanya mampir makan kemudian menginap di Jogja. Ke depan tidak bisa lagi seperti itu. Kita pastikan orang betah menginap di Solo, ini jadi PR ke depan,” ujar Gibran.

Pada kesempatan itu, Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Surakarta Retno Wulandari mengatakan, saat ini organisasi tersebut sudah menyusun berbagai program kerja prioritas hingga empat tahun. Awal programnya adalah pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

“Ada perubahan perilaku konsumen khususnya pariwisata ketika akan berlibur ke Solo dan ini harus direspon,” ujar Retno.

Salah satu langkah yang diambil adalah dengan terus menggaungkan CHSE (kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan) di tempat wisata. *

Silakan baca: 5 Event Jawa Tengah Masuk KEN 2021 Kemenparekraf

Silakan baca: Mandalika Layak Jadi Venue Wisata Olahraga