Dongkrak Pariwisata, Saudi Bentuk Tourism Shapers

pariwisata arab saudi
Madain Saleh, salah satu destinasi pariwisata favorit di Arab Saudi. (Arab News/ Huda Bashatah).*

 

BandungKlik – Dongkrak sektor pariwisata, Otoritas Pariwisata Saudi (STA) membentuk Tourism Shapers. Salah satu tujuannya untuk mempromosikan pengembangan mitra perdagangan lokal di sektor pariwisata swasta.

Ide dan inisiatif tersebut muncul pada saat pihak Kerajaan tengah mengembangkan penawaran destinasi untuk wisatawan lokal, regional, dan internasional.

“Di seluruh Kerajaan, kami melihat berbagai jenis bisnis kecil hingga menengah mengubah model dan penawaran kerja mereka. Sehingga pariwisata menjadi inti dari produk inti mereka,” ujar CEO STA Fahd Hamidaddin, dikutip dari Arab News, Rabu (17/3/2021).

“Bisnis mulai berpikir secara berbeda tentang masa depan. Mengenali peluang pertumbuhan yang sangat besar dalam sektor pariwisata. Bagaimana mereka harus beradaptasi, berkembang, dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mereka,” tutur Hamidaddin.

Lebih lanjut dikatakannya, Tourism Shapers tak hanya bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekosistem pariwisata. Namun, tujuannya sekaligus untuk menginspirasi bisnis kecil hingga menengah untuk mengenali peluang dalam industri.

Ada banyak potensi di sektor pariwisata Kerajaan termasuk yang diusung Tourism Shapers yakni pasar yang belum tersentuh yang siap untuk investasi.

“Masa depan pariwisata bergantung pada pembangunan kemitraan di semua tingkatan,” kata Hamiddadin. “Tourism Shapers hanyalah salah satu inisiatif STA dalam berbagi ide dan wawasan yang akan membantu memberdayakan mitra kami untuk memenangkan bagian kunjungan mereka.”

Silakan baca:

Tujuh Keajaiban Dunia yang Berjaya pada Zaman Kuno

Juni tahun lalu, Arab Saudi telah menyuntikkan $ 4 miliar ke sektor pariwisata melalui Dana Pengembangan Pariwisata untuk memberikan peluang investasi bagi bisnis pariwisata.

Kehadiran Tourism Shapers beroleh apresiasi dari para pelaku pariwisata di Negara Minyak tersebut. Salah satunya Hessa Alajaji yang meluncurkan Maalim. Yaitu agen tur premium yang menyelenggarakan pariwisata di Kerajaan untuk orang Saudi dan turis asing.

“Bepergian ke Kerajaan telah membuat saya menyadari pentingnya tidak hanya menjelajahi Kerajaan tetapi juga belajar tentang budaya yang berbeda dari Arab Saudi,” tutur Hessa. *