Dongkrak Pariwisata Indonesia, Ini Jurus Jitu Sandiaga Uno

pangandaran. pariwisata indonesia
Pantai Pangandaran. Menparekraf Sandiaga Uno punya “jurus” jitu untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Dalam rangka mendongkrak pariwisata Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno punya “jurus” jitu. Apa saja?

Belum genap sepekan Sandiaga Uno Resmi Dilantik Menjadi Menparekraf. Namun, ia sudah maraton membangkitkan pariwisata nasional. Hal ini diawali dengan melakukan kunjungan kerja ke Bali sebagai destinasi pariwisata favorit Indonesia bahkan dunia.

Mengingat saat ini pandemi Covid-19 tengah melanda, penerapan protokol kesehatan ketat menjadi fokus utamanya. Tentu, pengawasan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Misalnya, di bandara sebagai akses wisatawan dalam dan luar negeri.

Saat dilantik menjadi menteri, Sandiaga langsung dihadapkan pada momentum libur hari Natal dan Tahun Baru (Nataru). Seperti sudah menjadi tradisi, ini adalah momentum liburan bagi masyarakat dunia. Karena itu, pergerakan wisatawan domestik juga menjadi perhatiannya mengingat jumlahnya sangat besar.

Sandiaga bertekad membawa pariwisata dan ekonomi kreatif bangkit. Tak hanya itu, lapangan kerja di kedua sektor tersebut diharapkan kembali terbuka luas dalam waktu dekat.

Pariwisata dan ekonomi kreatif adalah dua sektor yang cukup besar terdampak wabah Covid-19. Sejak wabah melanda, aktivitas bisnis di industri pariwisata terjun bebas. Salah satu penyebabnya, destinasi pariwisata kebanyakan ditutup termasuk hotel.

Namun demikian, di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), pariwisata dan ekonomi kreatif perlahan menggeliat. Untuk kebangkitan sektor ini, Sandiaga akan melakukan tiga “jurus” jitu.

Seperti di-posting di akun instagram pribadinya @sandiuno, Selasa (29/12/2020), “jurus” tersebut adalah 3 G yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Semua Potensi Lapangan Kerja).

“Gerak Cepat untuk mengakselerasi pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air. Gerak Bersama berkolaborasi dengan seluruh stakeholder dan juga masyarakat. Setelah itu, kita garap semua potensi lapangan kerja,” tulisnya. *

Silakan baca:

Pariwisata Banyuwangi Jadi Instrumen Pemulihan Ekonomi