DIY Vaksinasi Massal Pelaku Usaha Pariwisata 1 Maret 2021

vaksinasi diy
Vaksin Covid-19. (dok. alodokter.com).*

 

BandungKlik – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menyelenggarakan vaksinasi massal bagi pelaku usaha pariwisata. Rencananya, vaksinasi digelar secara bertahap mulai 1 Maret 2021.

Dikutip dari laman jogjaprov.go.id, total sebanyak 19.897 orang akan divaksinasi pada tahapan kedua ini. Mereka terdiri dari 8.144 pedagang di Pasar Beringharjo dan sekitarnya dan 2.600 pedagang di seputar Malioboro dan Alun-alun utara. Selain itu, 9.153 pegawai toko di sepanjang kawasan Malioboro juga akan mendapat vaksinasi Covid-19 tersebut.

Adapun tempat yang digunakan untuk vaksinasi massal ini adalah Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Taman Parkir Abu Bakar Ali.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, pemberian vaksin untuk pedagang di Pasar Beringharjo dilakukan secara menyeluruh.

“Vaksinasi akan diberikan kepada seluruh pedagang pasar tanpa kecuali. Termasuk pedagang keliling, pedagang los, buruh, pedagang kaki lima, semuanya,” ujar Sri Sultan, Minggu (21/2/2021).

Kata Ngarsa Dalem mengimbuhkan, pelaksanaannya akan dimulai 1 Maret 2021. “Akan digelar kurang lebih sekitar empat hari,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal bertepatan dengan hari bersejarah. “Momen peringatan Serangan Umum 1 Maret akan ditandai dengan pelaksanaan vaksinasi massal ini. Persiapan tengah dilakukan bersama Dinas Kesehatan DIY dan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta,” tuturnya.

Haryadi berpesan, masyarakat seyogianya berperan aktif menyukseskan program vaksinasi pemerintah. “Vaksinasi bukan sesuatu yang menakutkan. Semakin cepat pelaksanaannya semakin baik,” ujarnya.

Vaksinasi massal ini akan melibatkan 280 tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, suster, dan vaksinator. Tenaga kesehatan tersebut berasal dari 18 Puskesmas dan 11 rumah sakit di Kota Yogyakarta serta 2 klinik Polri.

Sebanyak tiga tim tenaga kesehatan dipersiapkan untuk vaksinasi di tiga tempat. Setiap tim terdiri dari tujuh orang dan dibagi dua shift setiap harinya. Sementara, target yang divaksin per harinya 3.200 orang. *

Silakan baca:

Mangut Lele, Masakan Kaya Rempah Khas Yogyakarta