Dinas BMPR Jabar Adakan Sayembara Desain Jalan Layang

jalan layang bandung
Jalan layang Jakarta – Supratman di Kota Bandung. (dok. dbmtr.jabarprov.go.id).*

 

BandungKlik – Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jawa Barat mengadakan sayembara desain jalan layang. Ada dua jalan layang yang bakal dipercantik, yaitu jalan layang Jakarta – Supratman dan Laswi – Pelajar Pejuang 45 di Kota Bandung.

Lomba desain ini terbuka untuk umum, tidak hanya bagi masyarakat Jawa Barat. Terkait tema, desain harus mencerminkan ciri khas Jawa Barat.

“Semua boleh ikut, desain yang cantik terkait Jabar. Misalnya, soal batik atau lainnya,” ujar Kepala Dinas BMPR Provinsi Jawa Barat A Koswara, dikutip dari laman jabarprov.go.id, Kamis (27/5/2021).

Lebih lanjut Koswara mengatakan, kedua jembatan layang tersebut nantinya diharapkan menjadi ikon baru yang indah. Jembatan, kata dia, harus terlihat indah dengan elemen estetika sesuai spesifikasi dalam ketentuan sayembara.

Total hadiah sebesar Rp 200 juta menanti pemenang. Pemenang pertama akan memperoleh Rp 75 juta, pemenang kedua Rp 15 juta dan pemenang ketiga Rp 10 juta. Tak hanya itu, juara pertama juga berhak untuk merealisasikan hasil karyanya. Anggaran sebesar Rp 1,9 miliar disediakan untuk masing-masing jembatan.

“Pemenang selain berhak mendapat hadiah Rp 75 juta juga menjadi pelaksana untuk pengerjaan hasil karyanya. Nanti akan ada kontrak khusus untuk hal ini sesuai ketentuan dalam sayembara,” ujar Koswara.

Karya desain peserta akan dinilai oleh tiga dewan juri dari kalangan seniman dan arsitektur. Mereka adalah Aat Soeratin, Sunaryo dan Achmad Tardiyana. Karya desain para peserta dapat dikirimkan ke Dinas BMPR Jawa Barat paling lambat 21 Juni 2021.

Jembatan atau jalan layang Jakarta – Supratman dan Laswi – Pelajar Pejuang 45 Kota Bandung sudah rampung akhir tahun lalu. Uji coba kedua jalan layang tersebut dilakukan pada Senin 7 Desember 2020. Sejak itu kedua jalan layang dapat dilalui kendaraan bermotor. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan pengunaannya pada Kamis 22 April 2021. *

Silakan baca: Akhir 2022, Kereta Cepat Jakarta Bandung Rampung

Silakan baca: Daftar Gerbang Tol di Bandung Raya