BandungKlik – Liburan akhir pekan kali ini, wisatawan bisa mengarahkan perjalanan ke Kabupaten Brebes. Nah objek wisatanya ada Dewi Mangrove Sari yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Pemandangannya sangat cantik.

Objek wisata salah satu dari sekian banyak wisata hutan bakau di Pantura Jawa ini, resmi dibuka untuk umum pada 2016. Letaknya berada di Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Dewi Mangrove Sari Brebes memiliki keunikan yang menjadi ciri khasnya. Jadi sebelum memasuki area wisata utama, akan diajak terlebih dahulu menyusuri hamparan air payau yang mengelilingi hutan mangrove. Banyak pengunjung pun akan terkecoh, serasa tengah menyusuri area tengah pantai.

Untuk menjelajahi kawasan mangrove yang satu ini, dikenakan biaya masuk sekitar Rp25.000 saat weekend. Sedangkan pada waktu weekdays hanya sekitar Rp20.000 per orang. Bagi anak-anak tersedia tiket dengan harga yang lebih terjangkau.

Naik Perahu ke Dewi Mangrove Sari

Berkunjung ke destinasi mangrove tersebut, wisatawan harus menaiki perahu untuk menuju spot wisata utama. Sebelumnya melewati dulu rute sekitar 5-10 menit ke shelter perahu. Di rute perjalanan itu, wisatawan bisa berjumpa warga sekitar yang menjajakan makanan khas laut dan beberapa olahannya dengan harga jual mulai dari Rp5 ribu saja.

Silakan baca: Rasakan Kelezatan Sate Blengong Khas Brebes

Ketika menaiki perahu dan menyusuri hamparan air payau yang mengeliling Dewi Mangrove Sari, wisatawan dapat menikmati pula keindahan alam sekitar. Terlebih penelusurannya dilakukan di kala senja. Pemandangannya wajib diabadikan lewat jepretan kamera.

Sekira 10 menit perjalanan, wisatawan akan tiba di shelter perahu untuk menuju spot utama wisata. Selama di sini, bisa juga menyaksikan ikon wisata berupa Ikan Gelotak. Termasuk salah satu hewan yang hidup di  sekitar tanaman bakau dan sering muncul ke daratan.

Pesona Dewi Mangrove Sari

Begitu memasuki area wisata utama, akan disambut banyaknya warung masyarakat lokal. Selanjutnya akan melintasi jembatan merah muda yang menjadi salah satu satu spot foto cantik di destinasi wisata Brebes ini. Namun tenang, di dalam kawasan pun masih banyak lagi spot foto menarik lainnya.

Selain itu, alunan musik angklung kesenian warga lokal turut memeriahkan suasana. Irama musik ini pun akan membuat wisatawan nyaman berlama-lama menikmati keindahan alam Dewi Mangrove Sari.

Mau lebih puas menikmati lanskap hutan mangrove tersebut, wisatawan wajib menaiki gardu pandang setinggi 7 meter. Tak ketinggalan, di gardu ini juga bisa menemukan beberapa spot foto selfie yang ciamik dan instagenik.

Silakan baca: Jelajah Wisata Mangrove Sungai Semitan Natuna

Jika sudah puas menjelajahi Dewi Mangrove Sari, wisatawan akan diantar pulang dengan kembali menyusuri rute lautan air payau dan tidak perlu membayar lagi. Perjalanan pulangnya juga asyik karena dilakukan di kala senja. Biar wisatawan bisa menikmati keindahan sunset di tempat ini.*