Destinasi Wisata Edukasi, Pilihan Tepat Ajak Anak Berlibur

Destinasi wisata edukasi kebun binatang
Seorang anak perempuan sedang mengamati gajah di kebun binatang. (Iwan Gunaesa/Bandung Klik).*

 

Bandungklik – Destinasi wisata edukasi merupakan tempat yang pas mengajak sang buah hati kita untuk belajar sekaligus rekreasi dan bermain. Seperti yang sudah diketahui secara umum, dunia anak-anak memang tak lepas dari belajar dan bermain.

Sudah menjadi kewajiban para orang tua untuk memberikan bekal segudang pengetahuan kepada anak. Salah satunya bekal pengetahuan mengenali alam dan lingkungannya. Metode terbaik untuk mengajak anak belajar, yaitu dengan bermain.

Kegiatan belajar anak bisa di mana saja, tidak harus selalu di sekolah. Anak-anak pun bisa diajak belajar sambil mengunjungi beragam destinasi wisata edukasi. Di sana, sang anak bukan hanya dapat bermain riang gembira, namun juga mendapat banyak pengetahuan.

Kini destinasi wisata edukasi untuk anak-anak sudah banyak tersebar di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Berikut beberapa jenis destinasi wisata edukasi yang pas buat kegiatan belajar sambil bermainnya anak-anak.

Museum

Museum sebagai destinasi wisata edukasi bagi anak-anak, sudah tak perlu diragukan lagi. Pada umumnya, museum menyimpan benda-benda koleksi bernilai sejarah dan ilmu pengetahuan yang tinggi. Seperti peninggalan perang tempo dulu, temuan sejarah, peninggalan masa purba, dan lainnya.

Silakan baca: Kepergok T-Rex di Museum Geologi Bandung

Di tempat ini, sang anak tentu akan mengetahui berbagai pengetahuan sejarah panjang tentang benda-benda yang ada di museum. Jadi tak hanya mengetahui perihal kehidupannya di masa kini, anak juga tahu kehidupan yang jauh sebelum mereka dilahirkan.

Hutan Mangrove

Hutan mangrove bisa menjadi pilihan untuk wisata edukasi bersama anak. Di situ, anak akan belajar tentang fungsi hutan mangrove bagi alam dan kehidupan manusia yang tak lain untuk mencegah erosi dan abrasi.

Kemudian anak-anak juga dapat mempelajari berbagai tumbuhan bakau dan biota air yang tumbuh dan hidup di hutan tersebut. Selanjutnya mengajak si kecil untuk berfoto dengan latar hutan bakau sebagai kenangan manis.

Kebun Binatang

Bagi mayoritas anak-anak, kebun binatang menjadi destinasi wisata edukasi terfavorit dan populer. Hal ini tak lepas dari banyaknya hewan-hewan yang menarik perhatian anak-anak. Mulai dari hewan jinak hingga buas.

Di kebun binatang tersebut, anak-anak akan mendapat banyak pengetahuan. Juga dapat mempelajari beragam jenis hewan, perilaku hewan, jenis makanan untuk hewan, hingga cara menjaga dan merawat hewan. Dan paling utama dapat mengajarkan mereka untuk menjaga kelestarian makhluk hidup di dunia, khususnya hewan.

Desa Wisata

Kini desa wisata semakin menggeliat dan bermunculan di pelosok Indonesia. Mereka banyak menyajikan kegiatan dan kearifan lokal yang sangat penting bagi anak-anak. Nilai-nilai luhur dari kearifan lokal itu, bisa menjadi bekal perilaku anak-anak untuk beranjak dewasa kelak di kehidupan sehari-hari.

Di sana anak-anak pun bisa mengenal lebih dekat adat istiadat masyarakat daerah tempat tinggalnya. Selain itu bisa mengetahui dan belajar kerajinan serta seni budaya daerah asal ia tinggal dan dibesarkan. Pengetahuan anak pun menjadi tak terbatas dengan suasana perkotaan saja.

Silakan baca: Sitiwinangun, Desa Wisata Penghasil Gerabah

Nah itulah beberapa pilihan destinasi wisata edukasi yang bisa Anda coba dengan mengajak sang buah hati. Mulailah dengan destinasi yang terdekat dari rumah. Belajar sambil bermain sekaligus berwisata bersama keluarga, pasti akan menyenangkan dan terkenang.*