Desa Wisata Nglanggeran Raih UNWTO Best Tourism Village

UNWTO Best Tourism Village
Embung Nglanggeran ikon wisata Desa Nglanggeran. (Iwan Gunaesa/BandungKlik)

 

BandungKlik – Desa Wisata Nglanggeran, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil meraih penghargaan UNWTO Best Tourism Village 2021. Penghargaan kepada Desa Wisata Nglanggeran tersebut diberikan saat seremoni UNWTO Best Tourism Villages.

Diselenggarakan dalam rangkaian program “Thematic Session” pada Sidang Umum UNWTO ke-24 di Madrid, Spanyol, Kamis (2/12/2021) waktu setempat. Desa yang berada di Kabupaten Gunungkidul ini bersaing dengan 44 desa wisata lainnya dari 32 negara di dunia.

Dalam siaran persnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengapresiasi penghargaan yang diraih Desa Wisata Nglanggeran. Ia menyebut desa wisata ini sebagai salah satu destinasi kelas dunia.

“Masyarakat manunggal dengan pemerintah daerah, pengelola, serta masyarakat yang mendorong pariwisata sebagai salah satu penggerak pembangunan desa. Ini selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dalam rangka memaksimalkan kontribusi desa wisata, lapangan kerja, dan mengurangi kesenjangan di pedesaan,” tutur Sandiaga, Sabtu (4/12/2021).

Silakan baca: Desa Nglanggeran Jogja Jadi Desa Wisata Mandiri Inspiratif

Sandiaga juga menyampaikan, penghargaan terhadap Desa Wisata Nglanggeran diharapkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi Indonesia, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Terlebih, sebelumnya desa tersebut telah ditetapkan Menparekraf sebagai desa wisata mandiri inspiratif.