Desa Nglanggeran Jogja Jadi Desa Wisata Mandiri Inspiratif

desa wisata nglanggeran
Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran. (kemenparekraf.go.id).

 

BandungKlik – Menparekraf Sandiaga Uno menetapkan Desa Wisata Nglanggeran sebagai desa wisata mandiri inspiratif. Secara administratif, desa ini termasuk Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DI Yogyakarta.

“Saya tetapkan Desa Wisata Nglanggeran sebagai desa wiata mandiri kreatif bersama tujuh desa wisata lainnya,” kata Sandiaga, Senin (11/10/2021), dikutip dari kemenparekraf.go.id.

Kata Sandiaga, desa tersebut boleh dibilang destinasi berkelas dunia, berkualitas, dan berkelanjutan. Di desa ini masyarakat manunggal dengan pemerintah daerah dan pengelola, yakni kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Masih kata Sandiaga, Desa Wisata Nglanggeran juga akan didaulat mewakili Indonesia pada ajang Best Tourism Village yang digelar organisasi pariwisata dunia (UNWTO).

Lantas, apa saja potensi positif di desa ini?

Keberadaan Gunung Api Purba menjadi pesona terbesar desa asri tersebut. Kawasan gunungapi tersebut bagian dari Geopark Gunung Sewu yang tercatat sebagai anggota UNESCO Global Geopark (UGG).

Potensi Seni Budaya

Untuk menikmati pesona gunung tersebut wisatawan bisa mendaki menaiki 100 anak tangga. Dari tempat ini akan terlihat bentang alam Gunung Api Purba dengan keunikan bongkahan batu. Wisatawan juga bisa melihat panorama utuh geosite serta melihat keunikan Kampung Pitu, yaitu kampung yang hanya dihuni tujuh keluarga.

Di sekitar lokasi tersebut juga terdapat objek wisata Embung Nglanggeran. Katanya, destinasi wisata ini menjadi salah satu sumber inspirasi mendiang Didi Kempot menciptakan lagu “Banyu Langit”.

Silakan baca: Embung Nglanggeran, Keindahan di Kaki Gunung Api Purba

Selain wisata alam, Desa Wisata Nglanggeran juga kaya akan potensi seni dan budaya. Sebut saja antara lain terian reog, nglanggeran, gejonglesung, dan jathilan. Di sektor ekonomi kreatif ada kerajinan batik topeng, olahan spa, dan ragam kuliner. Desa ini punya batik tulis motif gunungapi sekaligus menjadi ciri khasnya.

Keunikan dan keindahan desa ini telah mengantarkannya meraih sejumlah penghargaan, seperti Desa Wisata Terbaik ASEAN 2017. Jika berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran, pengunjung juga bakal dimanjakan oleh adanya 10 pondok tinggal (homestay) untuk bermalam. *

Silakan baca: Candi Borobudur, Inspirasi Peradaban Manusia