“Sebenarnya banyak sekali superfood asli Indonesia, seperti sorgum, kunyit, pegagan, kelor, manggis, tempe, dan mengkudu.”

BandungKlik – Hal tersebut diungkapkan seorang praktisi kuliner Ade Putri, seperti dikutip dari laman kemenparekraf.go.id. Kata dia, suatu bahan makanan yang disebut superfood biasanya karena kandungan vitaminnya sangat tinggi.

Selain itu, punya kandungan antioksidan dan sengaja di-boost agar diketahui oleh masyarakat bahwa makanan tersebut baik untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa superfood asli Indonesia yang kaya manfaat.

1. Tempe

Superfood pertama adalah tempe yang kerap dijadikan menu vegetarian untuk menggantikan protein hewani. Tempe merupakan hasil fermentasi kacang kedelai dengan jamur Rhizopus oligosporus (ragi tempe). Makanan ini mengandung senyawa isoflavon yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan melawan radikal bebas.

2. Sukun

Bagi anak-anak zaman sekarang, nama sukun mungkin tidak begitu akrab di telinga. Padahal, buah tersebut termasuk superfood lokal yang punya nutrisi lengkap. Selain sumber karbohidrat dan serat, sukun juga sebagai sumber protein nabati. Biasanya, sukun dihidangkan pada olahan sayur, diolah sebagai kudapan atau karbohidrat pengganti nasi.

3. Ketan hitam

Ketan hitam atau beras hitam termasuk biji-bijian dalam kategori superfood. Seturut Whole Grains Council, ketan hitam punya kandungan antosianin enam kali lebih tinggi daripada beras putih atau cokelat. Selain baik untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaga kesehatan jantung, ketan hitam bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk merawat kulit wajah secara alami.

4. Daun kelor

Daun kelor termasuk ke dalam superfood yang paling akrab di kalangan ibu menyusui. Soalnya, daun ini dipercaya dapat memperlancar ASI bagi ibu menyusui. Di luar itu, daun kelor punya banyak nutrisi untuk kesehatan, seperti finonutrien, vitamin, dan antioksidan yang membantu proses detoksifikasi dan mencegah inflamasi.

5. Manggis

Mengonsumsi buah manggis dipercaya dapat memperlambat penuaan dini pada kulit wajah. Buah ini ternyata superfood yang menyimpan banyak nutrisi, seperti Xanthone. Selain dapat mencegah berbagai penyakit kardiovaskular, xanthone dapat memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas dan menangkal penyakt degeneratif.

6. Bawang putih

Bawang putih yang mengandung vitamin C, vitamin B6 dan kaya serat ini terbilang bahan bumbu yang wajib ada di dapur. Manfaatnya antara lain membantu mengelola kolesterol, mengendalikan tekanan darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan, bawang putih juga dapat membantu mencegah terjadinya berbagai jenis kanker yang mematikan.

7. Salak

Siapa sangka, kulit salak yang terbilang kasar itu ternyata punya banyak manfaat. Sebuah penelitian menunjukkan, ekstrak kulit salak dapat menstimulasi produksi sitokin melalui stimulas terhadap makrofag, salah satu sel terpenting dalam sistem pertahanan tubuh. Adapun buah salak mengandung kalsium, flavonoid, vitamin C, saponin, dan tanin yang dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam.

8. Ikan gabus

Ikan gabus yang mirip salmon termasuk superfood asal Indonesia yang layak dikonsumsi untuk kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan, ikan gabus punya efek antinyeri, antidemam, antidepresan, antiperadangan, antijamur, antimikroba, dan mengoptimalkan proses penyembuhan luka.*

Silakan baca:

Sedap, Makanan Tradisional Bandung Terfavorit Versi TasteAtlas