BandungKlik – Selebriti Hollywood berikut ini ternyata tidak hanya piawai berakting, tetapi juga mahir menerbangkan pesawat: pilot!

Sekali lagi pilot alias penerbang betulan, bukan akting menerbangkan pesawat. Mereka punya lisensi terbang, bahkan memiliki pesawat pribadi.

1. Harrison Ford

Aktor yang dikenal sebagai Dr. Jones berusia 52 tahun ketika mulai menerbangkan pesawat. Harrison Ford telah bekerja dengan Asosiasi Pemilik Pesawat dan Pilot dan menjadi sukarelawan sebagai pilot penyelamat. Biplan Citation dan Waco adalah dua dari sekian koleksi pesawatnya.

2. Tom Cruise

Ketika masih belia, Tom Cruise membawa foto P-15 dan tahun 1994 ia memperoleh sertifikat pilotnya. Izin terbangnya jauh didapat setelah ia sukses memerankan pilot pesawat tempur dalam Top Gun. Pada episode “Mission: Impossible” dia menerbangkan helikopternya sendiri.

3. Angelina Jolie

Aktris ini terinspirasi saat menonton pesawat di bandara bersama putranya. Menurut Administrasi Penerbangan Federal (FAA), Angelina tidak memperbarui sertifikatnya yang sudah kedaluwarsa. Ia menerbangkan Cirrus SR22 miliknya. Sayang, setelah itu, dia tidak diizinkan lagi menerbangkan pesawatnya.

4. Kurt Russell

Russell sempat banyak berpikir sebelum memutuskan untuk mulai terbang. Dia mengatakan,”Cinta pesawat untuk pilot, saya pikir, hampir tidak dapat dijelaskan. Ini adalah pengalaman itu sendiri. Ini adalah sesuatu yang dapat mengubah hidup Anda.”

5. John Travolta

Dia adalah pilot paling terkenal, selain tentunya selebriti. John Travolta mulai terbang ketika berusia 22 tahun. Saat ini, dia punya beberapa tipe pesawat, antara lain Quantas Boeing 707, Challenger 601, dan masih banyak lagi.

6. Morgan Freeman

Bukan hanya aktor, Morgan Freeman adalah seorang mekanik di Air Force. Namun, dia selalu bermimpi tentang terbang. Pada usia 65 tahun, ia mencapai tujuannya itu dan sekarang memiliki beberapa pesawat. Selain itu, dia adalah pengisi suara di media AOPA dan EAA Air Venture di Oshkosh.

7. Dennis Quaid

Quaid terinspirasi oleh film “The Right Stuff” dan pada 1980-an ia menjadi pilot. Dia memiliki Beechcraft Bonanza, Cessna 421 dan Citation II.

 

8. Hilary Swank

Aktris ini terinspirasi setelah memerankan pilot wanita terkenal, Amelia Earhart yang pernah menginap di Grand Hotel Preanger Kota Bandung. Swank mulai terbang saat syuting film. Namun, tidak diketahui apakah ia sudah memperoleh lisensi. *

 

Silakan baca: Iko Uwais Jadi Penjahat Dalam “The Expendables 4”

 

Sumber: aerotime.aero