Delapan Manfaat Luar Biasa Buah Leci

leci
Buah leci. (healthshot).*

 

Leci tergolong buah yang luar biasa dengan banyak manfaat bagi kesehatan.

 

BandungKlik – Apa itu leci? Punya nama ilmiah Litchi chinensis, buah ini termasuk dalam keluarga soapberry. Akan tetapi, merupakan satu-satunya anggota dari genusnya sehingga terbilang unik.

Pohon buah yang berasal dari Cina ini dapat tumbuh di iklim tropis dan subtropis. Biasanya buahnya dikonsumsi sebagai makanan penutup di negara-negara Asia dan kian populer di belahan lain dunia.

Kemasyhuran buah ini antara lain karena kekayaan nutrisi dan senyawa organik di dalamnya. Namun, lebih banyak nutrisi dalam leci kering ketimbang buah segar.

Menurut USDA, leci mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, niasin, riboflavin, folat, tembaga, kalium, fosfor, magnesium, dan mangan. Selain itu, buah ini merupakan sumber serat, protein, dan proanthocyanidins dan senyawa polifenol yang baik.

Berikut delapan  manfaatnya yang luar biasa:

1. Membantu pencernaan

Jumlah serat makanan yang signifikan dalam leci seperti pada kebanyakan buah dan sayuran, yaitu membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Meningkatkan imunitas

Nutrisi terpenting dalam buah ini adalah vitamin C dan memiliki lebih dari 100% kebutuhan harian asam askorbat dalam satu porsi. Vitamin C dikenal sebagai senyawa antioksidan utama untuk merangsang aktivitas sel darah putih sebagai garis pertahanan utama sistem kekebalan tubuh.

3. Antikanker

Kulit buah leci mengandung senyawa polifenol yang menunjukkan aktivitas antioksidan. Senyawa ini punya potensi antikanker yang mengesankan terhadap sel kanker hati manusia.

Silakan baca: Manfaat Stroberi untuk Kesehatan dan Kulit

4. Meningkatkan kognisi

Para peneliti dari Southwest Medical University telah menerbitkan sebuah jurnal yang menyoroti efek neuroprotektif dari biji leci. Studi tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam fungsi kognitif dan pencegahan cedera saraf.

5. Berpotensi antivirus

Proanthocyanidins dalam leci telah dipelajari secara ekstensif dan menunjukkan kemampuan antivirus oleh para peneliti dari Chinese Academy of Sciences.

6. Membantu mengontrol tekanan darah

Leci mengandung banyak potasium yang berarti dapat membantu tubuh menjaga keseimbangan cairan. Keseimbangan cairan merupakan bagian integral tidak hanya dari fungsi metabolisme, tetapi juga pada hipertensi.

7. Berpotensi antiinfluenza

Senyawa fenolik kuat dalam buah ini memiliki aktivitas antiinfluenza dan peningkatan sirkulasi darah serta perlindungan kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya saat terkena sinar matahari.

8. Meningkatkan sirkulasi darah

Tembaga merupakan bagian intergal dari pembentukan sel darah merah. Kandungannya dalam leci dapat meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenasi organ dan sel. *

Silakan baca: Manfaat Manggis yang Menakjubkan bagi Kesehatan

 

Sumber: organicfacts.net