Delapan Manfaat Delima, Buah Paling Sehat di Dunia

manfaat buah delima
Buah delima dengan ratusan biji merah kaya nutrisi. (healthline).*

 

Delima termasuk buah yang populer, tetapi boleh dibilang jarang dikonsumsi masyarakat.

 

BandungKlik – Itulah salah satu kenyataan yang tak bisa dimungkiri. Padahal, delima tergolong salah satu buah paling sehat di dunia. Buah tersebut mengandung banyak senyawa yang bermanfaat yang tak tertandingi oleh makanan lain. Berikut delapan manfaat kesehatan dari buah delima:

1. Kaya nutrisi penting

Buah dari tanaman bernama Latin Punica granatum ini dikategorikan sebagai berry. Diameternya sekira 5 – 12 centimeter berwarna merah, bulat dan terlihat mirip apel. Ada ratusan biji yang bisa dimakan di dalamnya yang disebut aril. Satu cangkir aril (174 gram) mengandung serat 7 gram, protein 3 gram, vitamin C 30% dan vitamin K 36% dari RDI. Kandungan lainnya adalah folat 16% dan kalium 12% dari RDI (kebutuhan harian).

2. Mengandung dua senyawa yang berkhasiat

Delima mengandung punicalagins dan asam punicic. Punicalagins adalah antioksidan yang sangat kuat yang ditemukan dalam jus dan kulit buah delima. Asam punicic yang ditemukan dalam minyak biji delima adalah asam lemak utama dari aril.

3. Punya efek antiperadangan

Sifat antiinflamasi yang kuat dalam buah ini sebagian besar dimediasi oleh sifat antioksidan punicalagins. Punicalagins dalam jus delima telah terbukti mengurangi peradangan.

4. Membantu melawan kanker prostat

Bukti awal dari suatu studi menunjukkan bahwa jus delima dapat bermanfaat bagi pria dengan kanker prostat. Selain itu, buah ini berpotensi menghambat pertumbuhan kanker dan menurunkan risiko kematian.

Silakan baca: Luar Biasa, Ini 8 Manfaat Jus Jambu Biji

5. Menurunkan tekanan darah

Asupan jus delima secara teratur terbukti menurunkan tingkat tekanan darah hanya dalam dua pekan.

6. Jus delima menurunkan risiko penyakit jantung

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa buah delima menurunkan risiko penyakit jantung. Ini meningkatkan profil kolesterol dan melindungi kolesterol LDL dari kerusakan oksidatif.

7. Membantu melawan infeksi bakteri dan jamur

Delima memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang mungkin berguna melawan penyakit gusi umum dan infeksi jamur.

8. Membantu meningkatkan daya ingat

Suatu studi pada 28 orang dewasa dengan keluhan memori menunjukkan bahwa 8 ons (237 ml) jus delima per hari secara signifikan meningkatkan penanda memori verbal dan visual. *

Silakan baca: Manfaat Manggis yang Menakjubkan bagi Kesehatan

 

Sumber: healthline