BandungKlik – DAMRI membuka empat rute pariwisata di Bukittinggi, Sumatera Barat untuk memaksimalkan perannya di industri pariwisata. Selain itu juga, dalam rangka memperluas konektivitas di berbagai destinasi wisata di Indonesia. Khususnya untuk menarik jumlah pelanggan melalui jalur transportasi darat.

Plt. Corporate Secretary DAMRI Siti Inda Suri menuturkan, selama ini pihaknya tidak hanya melayani rute pariwisata di Kota Bukittinggi. Namun juga melayani rute dari dan menuju bandara, Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), dan berbagai rute perintis yang beroperasi di wilayah Padang, Sumatera Barat.

“Demi mendukung pertumbuhan pariwisata, DAMRI juga telah mengupayakan berbagai hal. Memperbaiki layanan dan terus berupaya menambah jumlah armada yang terdapat di wilayah wisata. Sehingga dapat mengakomodasi wisatawan domestik maupun mancanegara,” jelas Siti Inda di Jakarta, (28/3/2022), dikutip dari laman bumn.go.id.

Siti juga mengatakan, hingga saat ini DAMRI telah melayani 32 rute pariwisata. Dengan mengerahkan 66 armada di seluruh Indonesia.

Silakan baca: DAMRI Siapkan Layanan Wisata Keliling Yogyakarta & Dieng

“DAMRI akan terus memperluas konektivitas di berbagai destinasi wisata yang ada di Indonesia, khususnya rute wilayah Bukittinggi. Dengan adanya konektivitas tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat untuk berwisata di Bukittinggi. Serta meningkatkan mobilitas dan perekonomian warga sekitar,” pungkasnya.

Rute DAMRI Wisata di Bukittinggi

Berikut empat rute yang dibuka DAMRI di wilayah Bukittinggi, antara lain:

  1. Muara Lasak – Bukittinggi, beroperasi setiap hari pukul 08.00 dan 14.00 WIB dengan tarif sebesar Rp25.000,00. Rute tersebut beroperasi melalui Bandara Minangkabau, Lembah Anai, Padang Panjang, dan Pandai Sikek.
  2. Maninjau – Muara Lasak, beroperasi setiap hari pukul 07.00 dan 14.00 WIB dengan tarif sebesar Rp30.000,00. Rute tersebut beroperasi melalui Pariaman dan Bandara Minangkabau.
  3. Muara Lasak – Istana Pagaruyung, beroperasi setiap hari pukul 08.00 dan 14.00 WIB dengan tarif sebesar Rp30.000,00. Rute tersebut beroperasi melalui Bandara Minangkabau, Solok, dan Danau Singkarak.
  4. Bandara Minangkabau – Pantai Carocok, beroperasi setiap hari pukul 06.00, 09.30, 13.00, dan 16.10 WIB dengan tarif sebesar Rp20.000,00. Rute tersebut beroperasi melalui Muara Lasak.

Silakan baca: KA Cikuray dan KA Garut Cibatuan Resmi Beroperasi

Informasi lebih lanjut mengenai jadwal dan pemesanan tiket, dapat menghubungi Call Center DAMRI Cabang Padang di nomor telepon 0812 6882 9206. Kemudian untuk info layanan DAMRI lainnya, dapat menghubungi Call Center Halo DAMRI 1500 825. Dapat juga via email: cs@damri.co.id, atau media sosial (@damriindonesia).*