BandungKlik – DAMRI bersama Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan terus melakukan pengembangan transportasi darat, termasuk di Provinsi Sumatera Utara. Salah satunya dengan menyediakan transportasi DAMRI bagi pelanggan wisata ke Danau Toba.

Adanya transportasi DAMRI Danau Toba tersebut, sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk memperkuat jaringan transportasi darat. Melalui pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Indonesia.

Menurut Plt Corporate Secretary DAMRI, Siti Inda Suri, bahwa KSPN merupakan kawasan yang digaungkan pemerintah sebagai lokasi wisata unggulan atau “Bali Baru”. Dengan fungsi utama pengembangan pariwisata yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satu yang ditetapkan adalah wilayah Danau Toba, di Sumatera Utara.

Silakan baca: Pesona Danau Toba, Destinasi Super Prioritas yang Menakjubkan

Sebagai salah satu destinasi super prioritas nasional, Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Hal tersebut membuat wisata Danau Toba digemari masyarakat karena hawa yang sejuk dan menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa.

Rute & Tarif

Rute perjalanan yang dilayani DAMRI di Danau Toba, antara lain:

  • Pelabuhan Ajibata – Pematang Siantar, tarif yang dikenakan sebesar Rp15.000. Untuk pemesanan tiket dapat menghubungi 0813 5268 5356.
  • Pelabuhan Ajibata – Bandara Silangit, tarif sebesar Rp15.000. Untuk pemesanan tiket dapat menghubungi 0812 6047 4871.
  • Tarutung – Bandara Silangit tarif sebesar Rp10.000. Untuk pemesanan tiket dapat menghubungi 0852 7549 9087.
  • Keliling area Simosir, tarif sebesar Rp20.000. Untuk pemesanan tiket dapat menghubungi 085358813887.

Semua rute DAMRI di atas memiliki jadwal keberangkatan yag sama setiap harinya. Mulai dari pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB.

“Dengan tarif terjangkau, tidak membuat DAMRI lalai akan protokol kesehatan. Konsistensi DAMRI dalam menjalankan operasional bus sehat dibuktikan dengan pramudi dan petugas yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19,” jelas Siti di Jakarta, (21/1/2022).

Selanjutnya, DAMRI juga memberikan pelayanan yang mengutamakan standar operasional prosedur (SOP) 5K. Yaitu Keselamatan, Kesehatan, Keamanan, Ketepatan, dan Kenyamanan penumpang dan pramudi.

Silakan baca: DAMRI Siapkan Layanan Wisata Keliling Yogyakarta & Dieng

“Kehadiran trayek tersebut diharapkan dapat memberikan kemudahan untuk masyarakat melakukan perjalanan wisata menuju Danau Toba. Menjadi lebih mudah, aman, nyaman, dan terjangkau,” pungkas Siti.*

 

 

Sumber & Foto: bumn.go.id