BandungKlik – Indonesia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia 2023 setelah menjadi salah satu runner up terbaik babak kualifikasi putaran ketiga.

Pada babak ini, Tim Garuda berada di Grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal. Indonesia mengumpulkan total enam poin dari hasil satu kali kalah dan dua kali menang. Dengan poin enam dan selisih gol 8 – 2, tim asuhan pelatih Shin Tae Yong berhak atas satu tempat di putaran final Piala Asia 2023.

Perjalanan Indonesia di babak kualifikasi putaran ketiga Grup A diawali dengan kemenangan atas Kuwait, 2 – 1. Pada laga kedua, Tim Garuda harus mengakui ketangguhan dan keunggulan Yordania dengan skor tipis, 0 – 1.

Hanya berbekal tiga poin maka mau tidak mau Marc Klok dan kawan-kawan wajib menang di laga terakhir. Alhasil, perjuangan maksimal seluruh punggawa tim dan jajaran pelatih berhasil mengantarkan kemenangan telak atas Nepal, 7 – 0.

Penantian 15 tahun

Lolosnya Indonesia ke putaran final turnamen yang rencananya berlangsung Juni – Juli 2023 adalah penantian selama 15 tahun. Timnas Garuda terakhir kali berlaga di level tertinggi turnamen sepak bola negara di Asia ini pada 2007.

Selain itu, bagi Indonesia berlaga di putaran final Piala Asia 2023 akan menjadi penampilan ke-5. Edisi sebelumnya, Indonesia tampil pada 1996, 2000, 2004, dan 2007. Dari seluruh keikusertaan, Tim Garuda hanya tampil di babak penyisihan.

24 peserta

Piala Asia 2023 bakal diikuti total 24 peserta. Berikut ini daftar negara peserta selengkapnya.

Arab Saudi

Australia

Bahrain

China

Hong Kong

India

Indonesia

Irak

Iran

Jepang

Kirgistan

Korea Selatan

Lebanon

Malaysia

Oman

Palestina

Qatar

Suriah

Tajikistan

Thailand

Uni Emirat Arab

Uzbekistan

Viet Nam

Yordania

*

Silakan baca:

Hasil Drawing Piala Dunia 2022, Spanyol & Jerman Segrup

 

pssi.org