Curug Cipamingkis, Nirwana Tersembunyi di Bogor

Curug Cipamingkis
Curug Cipamingkis Bogor dengan air bening yang segar alami. (Iwan Gunaesa/BandungKlik)*

 

BandungKlik – Curug Cipamingkis yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat bagaikan nirwana yang tersembunyi. Air terjun dengan pesonanya yang indah, udara nan sejuk, dan kesegaran alami rinai air menyentuh tubuh, menambah kenyamanan.

Aliran air curug dengan tinggi kurang lebih 10 meter ini sangat bening dan menyegarkan. Keindahan semakin bertambah dengan deretan rapi pepohonan pinus yang rindang menghiasi area seluas 16,50 Ha.

Curug tersebut dikelola Perhutani KPH Bogor. Berlokasi di sebuah lembah pegunungan sebelah selatan Jonggol di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Berada di ketinggian wilayah sekitar 1100 – 1200 mdpl. Sehingga bersuhu cukup dingin di kisaran 20 – 23 derajat celcius.

Di sana pengunjung dapat menikmati pesona curug dari jarak dekat dan mencoba kesegaran airnya di kolam jatuhan air terjun. Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan swafoto atau foto bersama dengan latar air terjun atau spot ciamik lainnya.

Silakan baca: Waduk Darma, Danau Buatan yang Memesona

Namun sebelum menikmati itu semua, kita harus menyiapkan kondisi fisik yang fit. Sebab, untuk mencapai titik air terjun, harus berjalan kaki dari area parkir kurang lebih sejauh 300 meter. Dengan kontur jalan menanjak dan turunan berbatu.

Rute menuju Curug Cipamingkis Bogor ini, ada dua pilihan jalur, bisa memilih jalur via Hanjawar, Cipanas – Puncak atau via Citeureup – Jonggol. Kedua jalur itu dapat ditempuh menggunakan armada roda empat maupun roda dua dengan kondisi yang prima.*

Rute Perjalanan Menuju Lokasi 

Rute 1

Jika dari Jakarta via Tol Jagorawi dan keluar dari pintu Tol Sentul atau Citeureup, lalu masuk ke jalan Desa Sentul menuju Sukamakmur – Desa Sukamulya – Desa Wargajaya dengan jarak kurang lebih 45 km.

Pilihan lain, bisa arahkan ke Jalan Jonggol – Cariu melalui Cibubur. Dari Polsek Jonggol ambil rute menuju Dayeuh hingga menemui kota Bunga atau Sentul. 

Rute 2

Rute kedua dapat menempuh jalur lewat Puncak lalu arahkan menuju Hanjawar – Loji – Desa Sukawangi melewati Curug Cibeet, Curug Arca, Curug Cisarua. Jalur ini ditempuh dengan jarak kurang lebih 34 km.*