Curug Cinulang, Keindahan Dua Air Terjun Kembar

Curug Cinulang
Dua curug kembar yang berada di Curug Cinulang yang memesona. (Foto: Acep)

 

BandungKlik – Menikmati keindahan air terjun (curug) sambil berenang di air bening alami yang menyegarkan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Seperti halnya kala berkunjung ke Curug Cinulang di Kabupaten Bandung.

Tepatnya berlokasi di Kecamatan Sindulang, Kabupaten Bandung, sekitar 38 kilometer dari Kota Bandung ke arah timur. Berada di lereng Gunung Masigit Kareumbi, perbatasan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang.

Pesona keindahan Curug Cinulang dari dulu sudah sohor dan tak pernah pudar hingga kini. Saking mempesonanya, curug tersebut diabdikan dalam sebuah lagu Sunda populer yang dinyanyikan seniman Sunda legendaris Darso, alm.

Pada awalnya, curug ini bernama “Curug Sindulang” sesuai nama daerahnya. Namun karena kebiasaan masyarakat yang menyebutnya dengan Curug Cinulang. Akhirnya nama itulah yang sering terdengar dan menempel pada destinasi wisata ini.

Hal menarik dari  curug tersebut, pengunjung akan disuguhi keindahanan dua buah curug (air terjun) yang berdampingan, tampak seperti pasangan kembar. Dua curug itu pun memiliki tinggi yang sama, sekitar 50 meter. Dengan jarak kedua curug sejauh 5 meter.

Silakan baca: Curug Ciherang Bogor, Berair Bening dan Menyegarkan

Hingga saat ini, kesegaran alami Curug Cinulang pun masih terjaga. Wisatawan yang datang pun akan menikamti kesegaran dari rinai jatuhan air utama  yang terbawa angin membuat tubuh terasa direlaksasi. Ditambah kesejukan udara khas pegunungan dan panorama alam nan indah.

Bagi Anda yang tertarik untuk menuju ke Curug Cinulang, bisa menuju jalur arah Garut, tepatnya di Parakan Muncang, Cicalengka. Bisa juga via tol Cipularang, keluar Cileunyi. Ambil arah ke Jalan Bandung-Garut menuju Parakan Muncang.

Kemudian, tepat di jembatan persimpanan Desa Cikopo, ambil kiri jika dari arah Bandung menuju bawah jembatan. Dari situ, menempuh jarak sekitar 8 kilometer dengan rute menanjak dan berkelok-kelok.*