Curug Ciherang Bogor, Berair Bening dan Menyegarkan

Curug Ciherang Bogor
Sejumlah pengunjung tampak asyik berfoto dengan latar Curug Ciherang. (Iwan Gunaesa/BandungKlik)

 

BandungKlik – Curug Ciherang di Bogor ini memiliki aliran air yang bening dan menyegarkan. Tak salah memang jika dinamai “Ciherang”. Kata yang diambil dari bahasa Sunda tersebut, mempunyai arti yaitu “air yang bening”.

Curug atau air terjun setinggi 30 meter itu, terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Masuk dalam kawasan RPH Cipamingkis BKPH Bogor, di bawah pengelolaan Perhutani KPH Bogor.

Di sana, kita akan merasakan kesegaran alami dari rinai jatuhan air terjun. Terlebih lagi jika mencoba berenang di kolam jatuhan air terjun atau di aliran sungainya. Tapi ingat jangan pernah berenang di kala turun hujan karena cukup berbahaya.

Selain kesegaran alami air terjun, hawa sejuk dengan panorama alam yang indah akan membuat kita semakin malas beranjak. Ditambah banyaknya spot foto yang ciamik. Salah satunya rumah di atas pohon beringin besar setinggi 10 meter.

Rumah Pohon Curug Ciherang Bogor
Rumah pohon, spot favorit di destinasi Curug Ciherang.

Namun sebelum menikmati itu semua, pengunjung harus berjalan kaki cukup jauh melewati puluhan anak tangga dari batu. Rasa lelah akan sedikit terobati dengan hawa sejuk dan indahnya panorama sekitar. Sebab lokasinya berada di ketinggian kurang lebih 900 mdpl.

Silakan baca: Curug Cipamingkis, Nirwana Tersembunyi di Bogor

Destinasi wisata alam tersebut juga dilengkapi sejumlah fasilitas bagi pengunjung. Seperti villa penginapan dengan arsitektur unik yang berada di area tak jauh dari gerbang masuk. Fasilitas lainnya, ada wahana outbond, flying fox, camping area, jalur tracking, kedai makanan, area parkir luas, toilet, musala, dan lainnya.

Rute Menuju Lokasi

Lokasi Curug Ciherang Bogor dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Ada dua jalur rute yang bisa digunakan, antara lain:

Rute 1

Jarak yang harus ditempuh sekitar 44 kilometer. Perjalanan dilakukan via Citeureup – Jonggol, lalu menuju Desa Sukamakmur – Desa Sukamulya – Desa Wargajaya dan tiba di Curug Ciherang.

Rute 2

Jaraknya yang harus ditempuh sekitar 35 kilometer. Jalur via Puncak – Hanjawar – Loji – Desa Sukawangi – melewati Curug Cibeet, Curug Arca, Curug Cisarua, Curug Cipamingkis dan tibalah di lokasi Curug Ciherang.*