BandungKlik – Selama ini Kota Bandung populer dengan wisata kotanya, termasuk fashion dan kulinernya. Namun ternyata, kota ini juga menyimpan hidden gem wisata alam air terjun yang dikenal dengan Curug Aleh.

Curug atau air terjun ini memang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Karena lokasinya cukup tersembunyi. Berada di perbatasan antara Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung Barat. Tepatnya di Desa Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 7 – 10 meter tersebut, memiliki kedalaman sungainya bekisar 70-100 cm. Sumber airnya berasal dari kaki Gunung Tangkuban Parahu di Lembang yang mengalir membentuk aliran Sungai Cibeureum.

Untuk bisa melihat pesona keindahan Curug Aleh secara langsung, wisatawan bisa masuk melalui kawasan NuArt Sculputure Park. Galeri seni milik perupa Nyoman Nuarta, pembuat patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali.

Silakan baca: Syaamil Quran, Destinasi Wisata Religi Kota Bandung

Dari restoran dan cafe NuArt Sculputure Park, wisatawan dapat menikmati Curug Aleh sambil menyantap makanan yang tersaji di sana. Bisa juga langsung menuju lokasi curug dengan melewati workshop atau bengkel seni Nu Art.

Pesona Curug Aleh

Keindahan curug ini terpancar saat debit airnya mulai menurun, tampak sangat menawan. Ditambah kawasan di sekitarnya yang cukup rimbun dan hijau sehingga menyejukkan.

Tempatnya yang tersembunyi dan jarang diketahui, juga menjadi salah satu daya tarik lainnya. Pilihan pas untuk melepas kepenatan dari rutinitas. Juga menjadi spot foto yang instagenik, cocok untuk menambah koleksi foto di media sosial.

Di luar keindahannya, bagi masyarakat sekitar, Curug Aleh dikenal sebagai tempat penuh mistis. Konon, dulu tempat ini sering dijadikan arena ajang ngalap ilmu.

Tidak disarankan berkunjung ke sana saat hujan datang. Debit airnya akan besar dan berlimpah, serta sangat berbahaya untuk keselamatan wisatawan.

Silakan baca: Pesona Eksotis Curug Batu Templek

Bagi yang berkesempatan berkunjung ke sana, harap selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan Curug Aleh. Jangan lupa tetap menerapkan protokol kesahatan dalam situasi pandemi yang masih berlangsung hingga sekarang.*

 

 

Sumber & Foto: Disbudpar Kota Bandung