BandungKlik – Perjalanan wisata ke Nusa Tenggara Timur jangan hanya ke Labuan Bajo, tapi masih banyak objek wisata alam lainnya yang menarik. Seperti Cunca Wulang yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat

Objek alam ini berupa air terjun dengan lembah sungai yang unik dan sangat memesona. Sepintas menyerupai Green Canyon di Pangandaraan, Jawa Barat. Tempatnya juga jauh dari keramaian. Hingga banyak yang menyebutnya sebagai surga tersembunyi di Manggarai Barat.

Lokasi Cunca Wulang sendiri terletak di Desa Cunca Wulang, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Nama tempat berasal dari penyebutan warga setempat. Dalam bahasa Manggarai, kata “Cunca” berarti air terjun dan “Wulang” artinya bulan. Jadi nama tempat ini berarti air terjun bulan.

Menurut adat istiadat dan kebiasaan masyarakat Manggarai, pemberian nama untuk suatu benda atau tempat berkaitan erat dengan karakter. Lalu situasi serta fenomena yang terjadi di sekitarnya. Pemberian nama ini memiliki makna simbolis.

Pemberian nama Cunca Wulang tersebut menggambarkan situasi di sekitar air terjun yang mana percikan airnya membentuk cahaya seperti warna cahaya bulan. Hal ini dapat terlihat pada jam-jam tertentu, seperti antara pukul 08.00 hingga 10.00 pagi. Dalam kondisi volume air yang deras pada musim hujan. Dengan alasan itulah, maka penduduk setempat memberi nama itu.

Daya Tarik Cunca Wulang

Destinasi wisata air terjun tersebut berada di wilayah dengan ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Dengan suasana yang asri, udara segar, dan menyejukkan karena di sekitarnya terdapat kawasan Hutan Mbeling.

Silakan baca: Eksotis, 5 Rekomendasi Destinasi Bawah Laut Labuan Bajo

Pesona lain dari Cunca Wulang Manggarai Barat ini, bisa dilihat dari aliran sungainya yang berada di antara tebing bebatuan besar. Sedangkan air terjunnya berada di atas batu-batu dan keluar melalui celah bebatuan. Membuatnya tampak berpadu indah dan eksotis.

Tebing batu yang mengapit aliran air terjun tersebut cukup aman untuk dipanjat. Sebab permukaan sisinya tidak tajam. Tak heran banyak sekali wisatawan yang merasakan sensasi meloncat dari atas batu hingga ketinggian 6 meter ke bawah sungai.

Ketika berada di sekitar destinasi wisata air terjun Cunca Wulang, bisa juga menikmati air terjun jeram dan curam dengan pepohonan besar rindang nan hijau di sekelilingnya. Air terjun ini terdiri dari tiga tingkat yang bakal memberi kesan takjub.

Di bawahnya juga terdapat kawah yang terbentuk secara alami seperti kolam yang memungkinkan kalian menikmati airnya dengan mandi atau berenang sepuasnya. Dapat juga memanfaatkan formasi batu-batu besar sebagai tempat pijakan untuk melompat dengan gaya bebas.

Akses ke Cunca Wulang

Untuk menuju ke air terjun tersebut, wisatawan bisa melakukan perjalanan darat dengan berkendara kurang lebih 35 menit dari Labuan Bajo. Sampai di pertigaan Ceko Nobo. Lalu teruskan menuju Kampung Warsawe dengan durasi perjalanan sekitar 10 menit.

Dari kampung itu, wisatawan dapat meminta bantuan pemandu lokal untuk mengantar hingga tiba di Cunca Wulang. Jarak tempuhnya sekira 3 km setelah membayar tiket masuk dan mendapat informasi yang dibutuhkan.

Silakan baca: Menikmati Keindahan Danau Ranamese di NTT

Jalur menuju air terjun tersebut akan melewati kebun dan sawah tadah hujan milik warga setempat. Serta melewati hutan nan cantik dengan pohon-pohon yang tinggi menjulang. Suasana damai dan hawa sejuk yang semakin terasa, membuat perjalanan terasa lebih singkat dan menyenangkan.*