BandungKlik – Jawa Barat dikenal sebagai wilayah dengan ragam makanan tradisionalnya yang lezat, termasuk camilan alias kudapannya. Camilan dari Tatar Priangan ada yang basah dan ada pula yang kering kriuk-kriuk renyah.

Berikut empat rekomendasi camilan kering khas Jawa Barat, sedap dan renyah serta cocok untuk oleh-oleh Lebaran.

1. Ranginang

Kudapan tradisional ini banyak yang menyebutnya “rangginang” dan “rengginang”. Singkat kata, kedua nama tersebut merujuk pada ranginang. Ya, makanan kering ini terbuat dari beras ketan dengan cita rasa gurih dan renyah.

Biasanya, ranginang berbentuk bundar dengan rata-rata diameter antara 7-10 cm setelah digoreng. Lain halnya dengan ranginang jumbo yang bisa mencapai 15-17 cm.

2. Kicimpring

Bahan makanan ini boleh dibilang sederhana, yaitu berbahan dasar singkong yang diproses melalui beberapa tahapan hingga dijemur di bawah sinar matahari. Untuk bumbunya, pastinya ada yang orisinal renyah dan gurih serta ada yang rasanya pedas.

Makanan yang kembali dipopulerkan oleh Kang Mus lewat serial Preman Pensiun punya bentuk pipih mirip keripik. Bedanya, kicimpring punya ukuran yang lebih besar agak bundar.

3. Saroja

Camilan khas Kabupaten Ciamis ini terkenal karena rasa, bentuk, dan cara membuatnya. Biasanya, makanan yang kerap disebut kembang goyang itu disajikan sebagai camilan yang cocok disantap bersama teh tawar hangat.

Ciri khas saroja tentu saja ada pada bentuknya yang mirip bunga atau kembang saroja. Tepung beras menjadi bahan utamanya, selain telur dan beberapa bumbu seperti bawang putih, garam, dan penyedap rasa.

4. Tempe goreng

Tempe goreng merupakan camilan paling favorit wisatawan yang datang ke Bandung. Penganan dari bahan dasar tempe ini mudah diperoleh dengan harga terjangkau.

Selain di terminal, tempe goreng dapat ditemukan di tempat oleh-oleh, seperti di kawasan Jalan Cihampelas, Pasar Baru, dan Pasar Kosambi. Di beberapa kedai di kawasan terminal, bahkan kita dapat membeli goreng tempe yang baru digoreng dan belum dikemas.*

Silakan baca:

7 Kuliner Lezat di Bandung, Pelengkap Libur Lebaran