Chocodot, Buah Tangan Unik Khas Kabupaten Garut

chocodot garut
Varian rasa Chocodot dalam kemasan “special gift”. (Opik Surya).*

 

BandungKlik – Chocodot, buah tangan khas Kabupaten Garut ini memang unik. Produk lokal tersebut merupakan buah inovasi dari dua penganan yang sudah sohor sebelumnya, yaitu dodol dan cokelat.

Ya, Garut memang terkenal akan dodol dan cokelatnya. Di Kabupaten Garut, cokelat sebetulnya sudah diproduksi sejak era Hindia Belanda di bawah bendera NV Ceres milik orang Belanda. Tepatnya sebelum tahun 1942.

Kombinasi dua nama ini pula, cokelat dan dodol, kemudian melahirkan produk baru yang lezat pada tahun 2009. Namanya Chocodot. Cokelat isi dodol ini sudah lebih dari satu dekade menjadi buah bibir di kalangan pencinta kuliner tanah air. Inilah pelopor cokelat isi dodol pertama di dunia.

Silakan baca:

Seni Ketangkasan Domba Garut, Benar-Benar Adu Domba

Chocodot lahir dari tangan kreatif Kiki Gumelar. Sebermula, ia secara tak sengaja menjatuhkan dodol ke dalam adonan cokelat. Namun, rupanya kejadian itu menjadi ide awal dua penganan tersebut dikembangkan menjadi sebuah produk baru.

Alhasil, kombinasi cokelat dan dodol ini menjadi sesuatu yang berbeda. Selain punya rasa unik, bentuk dan kemasannya dibikin kreatif bahkan kekinian. Tak ayal, Chocodot juga disukai dan diminati banyak kalangan mulai anak-anak hingga dewasa. Perpaduan tekstur dodol yang kenyal dengan rasa manis olahan cokelat terasa begitu pas saat menyentuh lidah.

Produk utama kudapan ini terbagi dalam tiga jenis olahan atau kategori yaitu Milk Chocolate, White Chocolate dan Dark Chocolate. Dari semua jenis ini, telah menghasilkan varian cokelat unik beragam rasa termasuk rasa buah-buahan.

Namun, tak berhenti pada soal rasa. Chocodot terus berinovasi mengikuti tren masa kini alias zaman now. Untuk menyasar khususnya generasi milenial, nama-nama varian unik dan menarik dihadirkan di pasaran. Sebut saja antara lain “Cokelat Anti Galau”, “Cokelat Makin Cinta” hingga “Cokelat Tahan Baper”.

Kini, Chocodot pun sudah melekat dengan Garut sekaligus menjadi buah tangan khas dari kota pergunungan berjuluk Zwitsers van Java ini. *

Silakan baca:

Lais, Seni Akrobatik Tradisional Asal Garut