BandungKlik – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata meluncurkan kalender event pariwisata (Calendar of Event/CoE) tahun 2023.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana secara resmi meluncurkan CoE tersebut pada 8 November 2022 di el Hotel Rolaye Bandung. Dalam sambutannya, Yana menyampaikan, penyelenggaraan event adalah langkah penting untuk memulihkan ekonomi daerah di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, Yana juga mengatakan, upaya peningkatan geliat pariwisata khususnya di Kota Bandung bukan tanpa kendala. Sebab, suasana krisis ekonomi global berpotensi mengurangi kunjungan wisatawan terutama dari mancanegara.

Akan tetapi, Yana optimistis, CoE Kota Bandung 2023 bisa menjadi alternatif bagi wisatawan dari negara-negara yang tidak terlalu terpengaruh resesi global, seperti Indonesia.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya secara virtual menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kota Bandung atas peluncuran CoE 2023. Kemenparekraf, kata Sandiaga, berkomitmen untuk mendukung event-event berkualitas dalam upaya memperkenalkan pariwisata dan ekonomi kreatif serta memperkuat branding Wonderful Indonesia.

Top 10 Event Pariwisata

Pada kesempatan itu, Kadisbudpar Kota Bandung Arief Syaifudin menyampaikan, pihaknya telah melakukan kurasi atau pemilihan event yang sesuai kriteria. Pada 2023, kata dia, terdapat 78 event pendukung dan top 10 event sebagai promosi pariwisata di Kota Bandung.

Dari event yang terpilih pihaknya akan mengajukan agar dapat masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023. Berikut top 10 event Kota Bandung 2023:

  1. Playlist Love Festival (Februari)
  2. Now Playing Festival (Maret)
  3. Festival Bakso Juara (Maret)
  4. Trade Mark Market Festival (April)
  5. Asian Africa Festival (Mei)
  6. Bandung Art Mount (Agustus)
  7. Bandung Great Sale (September)
  8. Bandung Angklung Festival (Oktober)
  9. The Papandayan Festival (Oktober)
  10. Kickfest (November). *

 

Sumber: disbudpar.bandung.go.id

 

Silakan baca:

Fakta-Fakta Menarik Qatar, Tuan Rumah Piala Dunia 2022