BandungKlik – Liga Champions UEFA 2022 mulai memasuki pengujung turnamen yang ditandai babak semifinal yang segera berlangsung pekan ini.

Babak semifinal liga sepak bola antarklub tertinggi di seantero Benua Biru ini tentu telah memunculkan empat tim terbaik. Begitu pun dengan sejumlah kejutan yang muncul di fase sebelumnya, bahkan masih bisa kita lihat sekarang.

Satu hal yang menarik, semifinal Liga Champions UEFA 2022 adalah mempertemukan Inggris dan Spanyol karena masing-masing negara menampilkan dua klub terbaiknya. Dari hasil undian, kedua tim masing-masing negara tak bertemu di fase ini sehingga memungkinkan terjadi “Final Inggris” atau “Final Spanyol”.

Final Inggris terakhir terjadi tahun 2021 saat mempertemukan Chelsea dan Manchester City, sedangkan Final Spanyol terakhir terjadi musim 2015/2016. Saat itu Real Madrid berjumpa dengan Atletico Madrid, bahkan ini adalah Final Madrid!

Villarreal

Villarreal adalah kuda hitam, begitulah kira-kira di jajaran para peserta semifinal Liga Champions UEFA 2022. Klub La Liga Spanyol dengan warna kebesaran kuning ini sudah menyamai rekornya sendiri di turnamen ini. Mengejutkan? Bisa ya, bisa tidak.

Mengapa? Meskipun di turnamen Liga Champions UEFA nyaris kurang diperhitungkan, karena prestasi dan pengalaman serta kekuatan skuat, Villarreal tampil meyakinkan. Boleh jadi, bekal terbesarnya adalah trofi Liga Eropa 2021 yang mereka raih usai menaklukkan tim elite Manchester United.

Kala itu, The Yellow Submarine mengalahkan The Red Devils 11–10 (1–1) lewat drama adu tendangan penalti yang mendebarkan sekaligus menghibur. Betapa banyak gol tercipta hingga 21 pemain dari kedua kesebelasan mampu memasukkan si kulit bundar.

Bekal teranyar Villarreal sekaligus penambah motivasi adalah kemenangannya atas klub sukses FC Bayern dari Jerman di babak 16 besar (1–0 dan 1–1).

Akan tetapi, berlaga di semifinal Liga Champions UEFA bukan hal asing bagi tim yang bermarkas di Stadion La Ceramica, Spanyol. Pada musim 2005 – 2006, Villarreal berjumpa Arsenal di semifinal, tetapi menyerah kepada The Gunners.

Kini, Villarreal kembali bersua dengan tim elite asal Inggris lainnya, Liverpool. The Red yang sudah mengoleksi enam trofi Liga Champions UEFA adalah salah satu kandidat Raja Eropa tahun ini. Namun, mereka tak sendiri di jajaran tim unggulan dalam perburuan juara.

Selain Real Madrid yang sudah mengoleksi 13 gelar Liga Champions UEFA sekaligus terbanyak juga ada Manchester City. Tim kaya dari Inggris ini memang belum pernah juara, tetapi tahun lalu menjadi runner up. Di liga domestik masing-masing,  Los Blancos dan The Citizen sejauh ini sedang memimpin klasemen, di Liga Spanyol dan Liga Inggris.

Jadwal Semifinal Liga Champions UEFA 2022  

Leg 1

Rabu, 27 April 2022

Manchester City

Real Madrid

Stadion Manchester City, Manchester – Inggris

Pukul 02.00 WIB.

 

Kamis, 28 April 2022

Liverpool

Villarreal

Stadion Anfield, Liverpool – Inggris

Pukul 02.00 WIB

 

Leg 2

Rabu, 4 Mei 2022

Villarreal

Liverpool

Stadion La Ceramica, Villarreal – Spanyol

Pukul 02.00 WIB

 

Kamis, 5 Mei 2022

Real Madrid

Manchester City

Stadion Santiago Bernabeu, Madrid – Spanyol

Pukul 02.00 WIB.*

 

Silakan baca:

Catat! Agenda Formula 1 2022, dari Bahrain hingga UEA

Catat! Agenda MotoGP 2022, dari Qatar hingga Spanyol