BandungKlik – Koi termasuk ikan yang banyak digemari masyarakat, baik sekadar hobi maupun untuk budi daya yang menghasilkan nilai ekonomi. Bagi masyarakat yang akan terjun di usaha ini tentu saja perlu keterampilan dan tahu cara merawat ikan bernama ilmiah Cyprinus rubrofuscus.

Sebetulnya, cara merawat ikan ini sebagai hobi maupun budi daya tak jauh berbeda. Dikutip dari Agro Koi Farm, berikut cara merawat ikan koi untuk budi daya.

Siapkan kolam yang representatif

Kolam ikan koi yang representatif dan benar adalah kolam yang beralaskan beton atau tanah padat. Jika kedua media tersebut tidak bisa disiapkan, kain terpal bisa menjadi alternatif terbaik bagi pemula. Ukuran yang disarankan minimal panjang 6 meter dan lebar 3 meter dengan kedalaman minimal 60 centimeter.

Gunakan filter air

Saat budi daya ikan dari Cina ini, penting untuk selalu menjaga kualitas air yang digunakan. Hal ini bisa dilakukan dengan memasang atau menggunakan filter air. Sistem filter air akan menyaring kotoran halus dan mengurai racun amonia sisa proses pencernaan ikan. Dengan cara ini, kebersihan air kolam bisa selalu terjaga.

Endapkan air kolam

Setelah kolam dipersiapkan, selanjutnya memasukkan air ke dalam kolam tersebut. Biarkan air pertama ini mengendap terlebih dahulu minimal satu hari satu malam atau 24 jam.

Pilih indukan yang berkualitas

Indukan ikan koi yang berkualitas bisa dilihat dari usia, bentuk tubuh ideal, berenang dengan tenang, dan warna kontras. Selain itu, penting memilih induk yang tidak ada goresan luka pada sekujur tubuhnya.

Gunakan air mengalir

Penggantin air sebaiknya dilakukan dua pekan sekali untuk membersihkan zat beracun dari pelet atau makanan ikan yang sebelumnya disebar di kolam. Jika hal ini tidak bisa dilakukan, maka kolam harus terisi dari sumber mata air yang mengalir. Mengapa? Sebab, air mengalir yang bersumber dari alam akan jauh lebih menyehatkan.

Batasi jumlah ikan

Membatasi maksimal hanya ada 300 ekor di dalam kolam dengan kedalaman 40 centimeter, lebar 3 meter dan panjang 4 meter.

Terkena sinar matahari langsung

Usahakan kolam terkena sinar matahari secara langsung karena ikan koi membutuhkannya agar gaya berenangnya teratur. Selain itu, ikan tidak mudah stres, dan mampu tumbuh besar menjadi ikan koi yang punya nilai jual tinggi. *

Silakan baca:

Ikan Koi, Lambang Cinta dan Persahabatan