BandungKlik – Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur laut.

Mengutip dari laman perpusnas.go.id, Candi Sambisari bercorak Hindu yang beraliran Syiwa. Diperkirakan dibangun pada awal abad ke-9 oleh Rakai Garung, seorang Raja Mataram Hindu dari Wangsa Syailendra.

Bangunan cagar budaya tersebut merupakan kompleks percandian yang terdiri atas empat buah candi. Satu candi induk dan tiga candi perwara, dengan tiga halaman bertingkat yang masing-masing dikelilingi pagar tembok.

Halaman Candi Sambisari berdenah persegi dengan sisinya berukuran kurang lebih 43 m. Letaknya di bawah permukaan tanah sekitar, karena sebelum dipugar tertimbun lahar setinggi 6,5 m yang datang dari Sungai Kuning yang terletak sekira 250 m di sebelah barat.

Posisi candi induk menghadap ke arah barat, berukuran 13,65 m x 13,65 m dan tinggi keseluruhannya 7,5 m. Candi ini memiliki satu bilik yang berisi lingga-yoni berukuran besar, tidak sebanding dengan ukuran ruang candinya. Ketiga dinding candi memiliki relung, relung utara berisi Durga, relung timur berisi Arca Ganesa, dan relung selatan berisi Arca Agastya.

Bangunan Candi

Alas (soubasement) candi tersebut sekaligus berfungsi sebagai kaki candi. Sehingga, relung-relung pada tubuh candi terletak hampir rata dengan lantai selasar. Tangga naik ke selasar diapit sayap tangga yang ujung bawahnya dihias dengan makara.

Hiasan kepala kala pun tidak ditemukan pada ambang atas gapura. Bagian atap candi terdiri dari tiga tingkatan, makin ke atas bentuknya makin mengecil. Sedangkan puncak candinya berbentuk ratna atau mahkota.

Silakan baca: Kompleks Situs Candi Batujaya, Menyimpan Puluhan Candi

Selanjutnya, di luar tubuh candi terdapat lantai selasar yang dibatasi pagar langkan setinggi 2 m. Di lantai selasar ada 12 umpak dengan 8 bentuk bulat dan 4 lagi berbentuk persegi. Umpak-umpak tersebut diperkirakan merupakan umpak tiang sebagai penyangga kontruksi atap yang terbuat dari kayu.

 

 

Klik halaman berikutnya