Candi Kalasan, Candi Buddha Tertua di Yogyakarta

Candi Kalasan
Candi Kalasan

 

BandungKlik – Candi Kalasan merupakan candi Buddha tertua di Yogyakarta. Diperkirakan dibangun pada abad ke 8 Masehi atas perintah Rakai Panangkaran untuk menghormati Bodhisatya Wanita atau Dewi Tara dan para pendeta Buddha.

Lokasinya berada di daerah Kalibening, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, tak jauh dari Candi Sari. Hingga tak jarang masih ada yang menyebutnya sebagai Candi Bening karena terletak di kawasan tersebut.

Corak Buddha pada Candi Kalasan tampak pada stupa di bagian atap candi. Di sana terdapat banyak stupa, kurang lebih berjumlah 52 stupa. Dengan bentuk bangunan menyerupai bujur sangkar berukuran sekitar 45 x 34 meter.

Memiliki empat pintu di empat sisi candi dengan pintu di sebelah timur sebagai pintu utama. Candi ini terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian mahkota candi, tubuh candi, dan kaki candi. Di dalam tubuh candi terdapat 1 ruangan utama dan 4 ruangan lainnya.

Dalam ruangan utama itu, pengunjung akan melihat sebuah patung setinggi kurang lebih 6 meter yang terbuat dari perunggu. Belum diketahui secara pasti, sebagai perwujudan dewa apakah patung tersebut dibangun. Kemudian ada sebuah singgasana yang dihiasi ukiran berbentuk singa berdiri di atas punggung seekor gajah.

Silakan baca: 5 Destinasi Wisata Candi di Sekitar Borobudur

Atap candi terdiri dari dua tingkatan dengan bentuk persegi delapan. Pada tingkat pertama terdapat arca berbentuk manusia Buddha dan pada atap di tingkat kedua ada Arca Dhayani Budha yang dilengkapi beberapa stupa.

Salah satu hal unik candi ini, semen kuno yang digunakan untuk menempelkan relief di sini berbeda dari candi yang lain. Biasanya semen yang berfungsi sebagai perekat menggunakan bahan kimia, namun semen kuno yang ditemukan di Candi Kalasan terbuat dari bahan alami.

Semen yang khas itu disebut dengan Vajralepa. Selain sebagai perekat, Vajralepa juga berfungsi untuk melindungi candi dari lumut atau jamur.

Pesona Candi Kalasan memang belum setenar candi-candi populer, seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Namun keindahan dan nilai historisnya tak kalah dari dua candi tersebut.

Silakan baca: Pugung Raharjo, Taman Purbakala di Lampung Timur

Untuk menjangkau Candi Kalasan, wisatawan tinggal menyusuri Jalan Yogya-Solo karena lokasinya tak jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Dari jalan itu, akan tampak bangunan candi yang menjulang di sisi selatan jalan. Tepatnya di depan Rumah Sakit Bhayangkara Kalasan.*

 

Sumber & Foto: visitingjogja