BandungKlik – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terkenal dengan destinasi wisata sejarah dan budayanya. Terutama di wilayah Kabupaten Sleman yang memang sohor dengan banyaknya candi-candi nan indah dan bersejarah. Salah satunya Candi Gebang.

Lokasinya berada di tengah-tengah perumahan warga sekitar di daerah Condongcatur, sebelah selatan Desa Gebang, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Berjarak kurang lebih 11 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Nama Candi Gebang memang belum setenar Candi Prambanan, Ratu Boko, atau Borobudur. Tetapi candi ini tak kalah keindahannya, meski bangunannya berukuran mungil.

Disebut berukuran mungil karena di sana hanya ada satu candi yang berdiri tegak, bukan kompleks candi besar seperti Prambanan. Berdiri kokoh di antara lahan yang cukup luas dan pemandangan yang indah.

Silakan baca: 5 Spot Menarik di Sekitar Kompleks Candi Prambanan

Area candi pun tampak terawat dengan baik, rumput di halaman yang mengelilingi Candi Gebang tertata baik dan rapi. Sehingga sangat cocok untuk tujuan berwisata atau menghabiskan waktu bersama keluarga maupun sahabat sambil menikmati keindahan panorama alam sekitar candi.

Candi Gebang tersebut bercorak Hindu yang diperkirakan dibangun abad ke-8. Dibuktikan dengan ditemukannya Lingga dan Yoni di dalamnya. Pertama kali ditemukan oleh warga sekitar, dengan diawali penemuan patung Ganesha.

Setelah itu, warga sekitar pun memprediksi adanya candi yang terletak tidak jauh dari penemuan patung tersebut. Kemudian tahun 1938, para warga melakukan penggalian dalam tanah dan menemukan Candi Gebang.

Silakan baca: Pantai Indrayanti, Primadona Wisata Bahari di Yogyakarta

Jika penasaran berkunjung ke candi mungi nan indah ini, langsung saja datang ke lokasi. Para pengunjung akan dikenakan biaya masuk yang sangat terjangkau. Harga tiket dibedakan berdasarkan kategori usia pengunjung, dewasa atau anak-anak.*

 

 

Sumber & Foto: visitingjogja