BandungKlik – Masih banyak objek candi lain yang memesona di Yogyakarta selain Candi Prambanan. Salah satunya Candi Barong dengan ciri khas berupa ukiran berbentuk menyerupai Barong atau Singa.

Candi Barong pada awal penemuannya dalam kondisi rusak parah. Kemudian berhasil dilakukan pemugaran selama sekitar 5 tahun hingga akhirnya selesai pada 1992.

Lokasi candi bercorak Hindu ini, berada di Dusun Sambisari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Berdiri megah di sebuah kompleks yang cukup luas dengan konstruksi candi berupa punden berundak 3 tingkat.

Pintu masuk kompleks candi tersebut berada di sebelah barat bangunan. Pada tingkat pertama akan tampak beberapa candi yang berdiri, namun kebanyakan sudah tidak lengkap dan tersisa alasnya saja.

Lanjut ke tingkat kedua, berupa area candi yang terbuka dengan beberapa batuan candi kecil yang berdiri. Di area ini, wisatawan seakan dibawa ke pelataran istana megah di masa lalu. Sedangkan di area ketiga terdapat dua candi cukup besar berukuran dan tinggi yang sama, yaitu 8,18 x 8,18 meter dengan tingginya sekitar 9,05 meter.

Area tingkat ketiga tersebut menjadi spot foto yang instagenik dan eksotik. Wisatawan jangan sampai melewatkan untuk berfoto di gapura kecil di ujung tangga. Memberikan kesan sedang memasuki gerbang istana kerajaan.

Silakan baca: Tebing Breksi Yogyakarta, Destinasi Unik Bekas Galian Batu

Selanjutnya bergeser ke bagian atap Candi Barong, berbentuk runcing dilengkapi dengan hiasan berupa ukiran daun-daun dan Ghana. Menjadi tempat untuk memuja Dewa Wisnu dan Dewi Sri yang merupakan dewi kesuburan.

Daya Tarik Candi Barong

Selain menarik dari arsitektur bangunannya, Candi Barong juga menyajikan pemandangan alam yang luar biasa. Lokasi candi yang berada di ketinggian 199 mdpl, memberi pemandangan area candi yang asri. Sekelilingnya terdapat area padang rumput yang hijau dan luas.

Tempat wisata Sleman ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Namun pilihan waktu yang cocok untuk berkunjung ke sana, yakni saat sore hari. Di waktu tersebut, wisatawan bisa menyaksikan keindahan sunset yang unik di kawasan candi.

Untuk masuk ke kompleks Candi Barong, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp5000, harga yang sangat terjangkau. Fasilitas yang tersedia di sini sudah cukup lengkap, ada area parkir, toilet, dan gazebo yang bisa digunakan untu beristirahat sejenak.

Rute menuju ke objek wisata candi di Yogyakarta ini, wisatawan bisa berangkat dari arah pusat Kota Jogja. Kemudian bergerak menuju Jalan Piyungan-Prambanan di sebelah selatan Candi Prambanan.

Ikuti jalan tersebut hingga menemukan palang kereta api. Lalu dari palang kereta api belok kiri dan maju terus sampai ada petunjuk jalan menuju Restoran Abhayagiri.

Silakan baca: 5 Spot Menarik di Sekitar Kompleks Candi Prambanan

Dari situ tinggal ikuti terus jalan hingga tiba di lokasi.  Kondisi jalan mungkin akan sedikit menanjak namun masih mudah untuk diakses.*

 

 

 

Sumber: visitingjogja