Campurkan 7 Bahan Ini, Minuman Makin Berkhasiat

minuman berkhasiat
Minuman kaya rempah dan berkhasiat untuk kesehatan yang bisa meredakan flu. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik –  Rempah dan buah kaya nutrisi tak hanya baik dikonsumsi langsung atau dicampur dengan makanan lain. Beberapa waktu terakhir, makin banyak orang menikmatinya dalam minuman. Anda boleh coba 7 bahan ini untuk menemani saat santai di rumah. Selain mudah dan enak juga berkhasiat bagi kesehatan, seperti meredakan flu.

  1. Jahe

Seturut halodoc.com, jahe bersifat antipenuaan dan antioksidatif. Karena banyak mengandung Vitamin C dan magnesium, rutin mengkonsumsi jahe membantu mengatasi pilek dan flu.

  1. Sereh

Selain lebih kaya aroma, menambahkan sereh ke dalam minuman juga mampu meningkatkan manfaatnya. Kandungan sereh punya sifat antibakteri dan antifungal. Alhasil, sereh dapat membantu mencegah seseorang terkena flu. Bahkan, mampu membantu meredakan hidung tersumbat.

  1. Lemon

Mengkonsumsi air lemon hangat mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Lemon kaya antioksidan yaitu vitamin C dan bioflavonoid yang mampu menangkal radikal bebas.

  1. Madu

Sudah berabad-abad madu dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai persoalan kesehatan. Senyawa fitonutrien yang terkandung di dalamnya dapat memperkuat sel-sel imun tubuh. Karena madu punya kandungan gula alami dan sehat, maka tak perlu mencampurkan gula pada minuman ini.

Silakan baca:  

Air Mentimun Bagi Kesehatan, Ini 5 Manfaatnya

  1. Teh rosella

Tanaman rosella mengandung antioksidan polifenol dan flavonoid. Zat ini mampu menghambat dan mengurangi penumpukan jaringan lemak dalam tubuh. Teh rosella akan memberi nuansa merah dalam minuman.

  1. Biji selasih

Butirannya yang mungil bukan hanya membuat tampilan minuman makin cantik dalam gelas. Biji selasih mengandung antioksidan jenis polifenol yang dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Bunga telang

Dalam sebuah jurnal Ancient Science of Life, mengkonsumsi bunga telang bisa mengatasi gangguan kecemasan (anxiety disorder). Meski tidak dominan, bunga telang memberi warna biru pada minuman ini. Alhasil, saat dicampurkan ke dalam teh rosella membuat warna minuman menjadi merah keungu-unguan.

Nah, khasiatnya cukup banyak bukan? Oiya, minuman berkhasiat dari tujuh bahan ini dapat dihidangkan dalam dua cara, yaitu panas atau dingin. *