BandungKlikKabupaten Kuningan di Jawa Barat mempunyai spot camping yang asik dan seru, namanya Bumi Perkemahan (Buper) Palutungan. Letaknya di kawasan Gunung Ciremai dengan suasana yang masih alami dan sejuk.

Lokasi perkemahan tersebut berada di Dusun Malaram, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Berjarak kurang lebih 9 km dari pusat kota Kuningan ke arah barat.

Ada banyak keistimewaan dari Bumi Perkemahan Palutungan karena letaknya di kawasan pegunungan. Di antaranya udara yang sejuk, segar, dan aliran air yang jernih. Sehingga cocok untuk berkegiatan di alam bebas, berkemah, atau hiking.

Bukan hanya itu, di sekitar Buper Palutungan wisatawan juga bisa mampir ke sejumlah objek wisata alam yang ada di sekitarnya. Di sini dekat dengan objek Curug Putri dan Curug Landung yang menyajikan keindahan air terjun alami. Kegiatan hunting foto dengan nuansa alam pun menarik kalian lakukan di tempat ini.

Silakan baca: Lima Camping Ground Asyik di Jawa Barat

Dengan hawa yang adem khas pegunungan dan menikmati indahnya Curug Putri, akan membuat wisatawan semakin nyaman berada di Bumi Perkemahan Palutungan ini. Pas banget buat kalian yang mencari tempat healing dan refershing untuk melepas kepenatan dari rutinitas.

Atraksi menarik lain yang bisa dinikmati yaitu arena outbound yang bisa wisatawan manfaatkan untuk mengisi kegiatan selama camping di sana. Bagi yang suka hiking, tempat ini pun jadi pilihan yang tepat.

Fasilitas penunjang lain yang tersedia di Bumi Perkemahan Palutungan juga sudah cukup memadai. Mulai dari area parkir yang luas, warung-warung tempat membeli jajanan, toilet yang bersih, serta tempat bilas selepas basah-basahan di air terjun.

Harga Tiket Masuk Buper Palutungan

Untuk harga tiket masuk kawasan wisata Kuningan yang satu ini, wisatawan cukup membayar sekitar Rp15.000 untuk weekday dan Rp18.000 untuk weekend. Ditambah ongkos parkir kendaraan roda dua senilai Rp5.000 dan mobil Rp11.000. Harga ini sewaktu-waktu bisa berubah tergantung kebijakan pengelola.

Silakan baca: Situs Purbakala Cipari, Bukti Kebudayaan Masa Prasejarah

Biasanya Bumi Perkemahan Palutungan ramai oleh rombongan study tour yang berwisata, rombongan keluarga, dan anak sekolah. Sebab tempatnya yang luas dan banyak yang menjadikannya sebagai tempat botram atau makan ramai-ramai yang terasa asyik dan berkesan.*