Cagar Alam Pangandaran, Sajikan Flora Fauna Hingga Situs Sejarah

Cagar Alam Pangandaran
Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran.

 

BandungKlik – Selain memiliki pesona pantai yang menawan, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat menyimpan aneka jenis flora dan fauna, serta situs peninggalan bersejarah. Lokasinya berada di Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran.

Cagar Alam Pangandaran masih berada satu kawasan dengan Pantai Pangandaran. Di destinasi wisata ini, wisatawan dapat melihat keragaman flora fauna. Seperti kera ekor panjang, banteng, lutung, rusa, kalong, landak jawa, biawak, dan bunga Raflesia.

Selain itu, cagar alam tersebut juga menyimpan sejumlah situs peninggalan sejarah. Di antaranya Situs Batu Kalde, Situs Gua Parat, Situs Batu Meja, Goa Jepang, Goa Lanang, Goa Panggung, dan Pemandian Cirengganis.

Silakan baca: Tujuh Wisata Pantai Terindah di Pangandaran

Tak hanya daya tarik flora fauna, budaya dan sejarah, di sana wisatawan juga dapat menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling di area Pantai Pasir Putih. Pantai Pasir Putih merupakan spot selfie favorit wisatawan dan sering dijadikan sebagai lokasi foto preweding maupun shooting film.

Salah satu spot foto yang disukai wisatawan dan instagramable yaitu bangkai kapal penangkap ikan yang ditenggelamkan Susi Pudjiastuti, yang kala itu menjabat sebagai Menteri Kelutan dan Perikanan Republik Indonesia.

Jika tak berminat untuk snorkeling, wisatawan bisa memilih berenang atau sekadar bermain air laut di tepi Pantai Pasir Putih. Keindahan pasir putih dengan suasana tenang dan serunya snorkeling di kawasan ini membuat wisatawan betah untuk berlama-lama.

Silakan baca: Benjang Batok, Kesenian Buhun dari Pangandaran

Memasuki kawasan Cagar Alam Pangandaran, dapat diakses melalui pintu masuk jalur Pantai Barat maupun Pantai Timur Pangandaran. Alternatif lainnya, wisatawan juga dapat menyewa perahu dari Pantai Barat Pangandaran menuju Pantai Pasir Putih Cagar Alam Pangandaran.*

 

 

Sumber & Foto: Disparbud Kab. Pangandaran