Cafe Dangdut di AS Promosikan Musik & Kopi Indonesia

cafe dangdut
Menparekraf Sandiaga Uno memberikan apresiasi atas peluncuran Café Dangdut New York secara hibrid disaksikan KJRI New Yok Arifi Saiman. (dok. kemenparekraf.go.id).*

 

BandungKlik – Cafe Dangdut di Amerika Serikat (AS) turut mempromosikan musik dan kopi khas Indonesia. Kehadiran café di New York itu diapresiasi Menparekraf Sandiaga Uno.

Dikatakannya, Cafe Dangdut berupaya memperkenalkan musik dangdut melalui coffee culture yang merupakan kebiasaan dari mayoritas orang Amerika Serikat.

“Kalau di New York, kopi itu sudah menjadi lifestyle. Semua orang kalau jalan bawa kopi. Nah, Cafe Dangdut ini sudah jadi suatu promosi yang bagus tetapi juga a good business menurut saya. Jadi, ini harus kita apresiasi dan support dengan cara kolaborasi,” tutur Sandiaga saat audiensi dengan KJRI New York dan Cafe Dangdut yang berlangsung secara hibrid di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Senin (24/5/2021).

Dikutip dari siaran pers kemenparekraf.go.id, lebih lanjut ia menyampaikan, Cafe Dangdut adalah sebuah kafe di New York yang nantinya akan menawarkan kenyamanan dan menjual kopi asal Indonesia. Tak hanya itu, kafe tersebut menjadi salah satu langkah agar musik dangdut beroleh pengakuan resmi dari UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.

Kata Sandiaga, pihaknya bakal memfasilitasi untuk mendatangkan ahli kopi Amerika ke Indonesia. Tujuannya adalah untuk memperoleh kopi Indonesia yang sesuai dengan selera orang Amerika.

Nah, yang terdekat yang bisa bantu adalah memfasilitasi barista dari Amerika ke Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Konsulat Jenderal RI New York Arifi Saiman mengatakan, hadirnya Café Dangdut tidak hanya bertujuan untuk mempromosikan dangdut dan kopi Indonesia saja. Namun, juga untuk membuka peluang karier para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Tujuan jangka panjang dari hadirnya Cafe Dangdut ini bisa memfasilitasi kehadiran potensi pelaku ekraf. Atau artis Indonesia untuk meniti karier di Amerika Serikat melaui New York sebagai pusat industri musik dunia,” ujarnya.

Café Dangdut juga berkolaborasi dengan Anomali Coffee untuk menyediakan kopi dengan cita rasa yang dapat diterima di New York. *

Silakan baca: 5 Varian Kopi Khas Sumatera Utara, Wajib Dicoba!

Silakan baca: Kopi Tung Tau, Secangkir Kenikmatan dari Bangka